Skip to main content

Mobil Sekarang Mah Ga Usah Copot Aki, Kalau Ditinggal Lama

Ilustrasi copot aki mobilfoto: Istimewa
Ilustrasi copot aki mobilfoto: Istimewa

WinNetNews.com - Sampai saat ini mungkin masihbanyak ada yang beranggapan ketika ingin meninggalkan mobil dalam waktu lama tidak terpakai sebaiknya aki mobil dilepas dan dipasang lagi ketika ingin dipakai agar awet. Mungkin hal itu dulu sering dilakukan, nahsebaiknya sekarangjangan diterapkan ya apalagimobil kamu keluaran tahun 2000-an.

"Mobil sekarang beda dengan mobil zaman dulu, kalau mobil konvensional masih pakai platina nggak ada aksesoris apa-apa itu nggak ada arus apapun, kalau zaman sekarang harus hati-hati malah apalagi kalau sudah computerized kalau baterai dicabut biar akinya awet baterai harus dilepas coba aja ikutin itu, nanti pas pulang-pulang malah mobil nggak bisa nyala lagi," kata Workshop Head PT Astra International Tbk-Isuzu Warung Buncit Aedy Damhudy.

Mencopot aki mobil sebaiknya jangan pernah kamu lakukan ya,karena menurut Aedy ada beberapa komponen yang tetap harus mendapatkan arus listrik meski mobil dalam keadaan mati.

"Biarkan aja, karena sama seperti komputer ada arus yang harus selalu di-supply ke control unit, ketika diputus ya harus di-reset lagi control unitnya," katanya.

Selain itu, ia jugamenyarankan agar mobil tetap di starter secara berkala selama 5-10 menit, namun jika keadaan tidak memungkinkan untuk menstarter mobil, sebaiknya didiamkan saja tanpa harus mencabut aki.

"Disarankan distarter berkala, lebih baik ditinggal aja daripada lepas baterai, jangankan sebulan dilepas sebentar aja ada error, ada sistem yang dipulihkan lagi, itu untuk mobil tahun 80-90an," jelas Aedy.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top