(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

MotoGP Valencia: Marquez Nyesal Pilih Ban Salah

Rusmanto
Rusmanto

MotoGP Valencia: Marquez Nyesal Pilih Ban Salah istimewa

WinNetNews.com - Marc Marquez menutup musim 2018 dengan penuh penyesalan. Dia mengakui membuat kesalahan terburuk di tahun ini terkait pemilihan ban di MotoGP Valencia.

Marc Marquez memilih menggunakan ban depan dan belakang medium di MotoGP Valencia. Padahal 23 pebalap lain yang ada di lintasan saat itu memilih menggunakan ban soft di bagian belakang.

Tim Repsol Honda sebenarnya sudah menyarankan Marquez memakai ban lunak. Tapi dia memilih menggunakan medium. Tak punya grip yang cukup di tengah balapan yang berlangsung di bawah hujan sangat deras, Marquez akhirnya mengalami crash.

"Hari ini mungkin kesalahan terbesar saya musim ini, karena saya memilih ban medium di belakang. Santi dan Alberto bilang ke saya, 'jika hujan mulai turun, memakai soft kamu akan baik-baik saja," ungkap Marquez.

Keputusan Marquez memakai medium didasari atas penampilannya di latihan bebas ketiga. Namun dia salah membuat perhitungan karena saat balapan kelas MotoGP digelar hujan deras terus turun yang membuat banyak air di atas trek.

"Masalahnya adalah di FP3 sama memakai medium, saya berkendara dengan sangat baik di mana ketika itu tak banyak air di atas lintasan. Dan saat kami keluar dari garasi hari ini, kondisinya tidak banyak air, lalu hujan mulai berhenti saat prosedur masuk grid masuk bagian terakhir."

"Lalu saya bilang 'pakai ban medium'. Mereka memasang ban medium. Tapi saat balapan dimulai hujan sangat deras turun, dan itu sangat sulit karena seiring berjalannya waktu suhu ban belakang terus menurun. Dan saya mengalami crash," lanjut sang juara dunia di Crash. 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Blunder Pilih Ban, Marc Marquez Bikin Kesalahan Terbesar Musim Ini"

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});