Motor Kena Imbas Gage, Ini yang Bisa Kamu Lakukan
Ilustrasi pemberlakuan sistem ganjil-genap (gage) di DKI Jakarta. (Foto: detiknews)

Motor Kena Imbas Gage, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Selasa, 6 Agt 2019 | 11:21 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Meluasnya aturan sistem ganjil-genap (gage) hingga ke sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta menuai pro kontra. Pasalnya, tidak hanya mobil yang terdampak gage, motor pun terkena imbas sistem gage yang sejak awal diberlakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk mengurangi polusi udara di ibu kota.

Menyikapi hal tersebut, Dir Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Halim Pagarra menuturkan, pengendara roda dua bisa menyiasati dengan berbagai cara, misalnya membeli motor baru dengan memilih plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) ganjil atau genap, selain itu juga bisa mengubah plat nomor lama dari ganjil ke genap dan sebaliknya.

“Bisa satu, dua, atau tiga angka. Nanti masuknya ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dibayarkan ke negara. Untuk mengubah plat nomor lama, pengendara bisa datang ke Samsat terdekat, kemudian minta nomor pilihan, lalu membayar PNBP sesuai aturan yang berlaku,” beber Halim Pagarra seperti dilansir Kompas.com, Selasa (6/8/2019).

Dilansir detik.com, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo menjelaskan, Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 66 Tahun 2019 ini rencananya akan disosialisasikan pekan ini.

Exercise-nya tidak mudah, perlu kami rinci secara paripurna sebelum kami serahkan ke Pak Gubernur (Anies Baswedan-red),” tambahnya.

Seperti diberitakan, beredar pesan singkat melalui Whatsapp informasi penerapan gage di sejumlah ruas jalan di ibukota. Namun, Syafrin menegaskan kabar tersebut adalah hoaks karena hingga kini belum bisa dipastikan waktu sosialisasi pemberlakuan sistem gage, terlebih bagi para pengendara roda dua.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...