MRT Jakarta Akan Tanpa Masinis

MRT Jakarta Akan Tanpa Masinis

PT MRT Jakarta selaku pengelola dan pengembang angkutan massal akan mengoperasikan 96 kereta untuk rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI), sepanjang 15,7 kilometer (km). Kereta tersebut nantinya akan dipasok dari perusahaan asal Jepang, Sumitomo Corporation.

"Kereta listrik ada 16 set. 1 train set serdiri dari 6 gerbong. Sebanyak 14 set untuk operasi dan 2 set untuk cadangan," kata Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Hikmat.

Kereta tersebut akan melayani warga Jakarta mulai 2018. Kereta MRT yang dipasok Sumitomo menggunakan standar STRASYA atau Standard Urban Railway System for Asia. Selain itu, kereta tersebut juga menggunakan sistem Automatic Train Protection dan Automatic Train Operation.

Artinya, kereta mampu beroperasi secara otomatis tanpa masinis. Perjalanan kereta akan dikendalikan dari pusat kontrol (OCC) di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kereta MRT nantinya membawa penumpang dari daerah pinggiran Jakarta di wilayah selatan menuju pusat bisnis di Jakarta Pusat. Total penumpang yang bisa diangkut 173.400 orang per hari.