MRT Mulai Bisa Digunakan Maret 2019

MRT Mulai Bisa Digunakan Maret 2019 ilustrasi

WinNetNews.com - Progres konstruksi mass rapid transit (MRT) Jakarta fase pertama saat ini telah mencapai 80,15%. Capaian ini terdiri dari pengerjaan struktur bawah tanah sebesar 90,22%, dan struktur layang sebesar 70,16%.

Berdasarkan data PT MRT Jakarta, seperti dikutip Rabu (27/9/2017), konstruksi MRT Jakarta ditarget rampung pada Juli 2018. Seluruh konstruksi tersebut meliputi pembangunan jalur layang, jalur bawah tanah, depo, railway system dan pemasangan rel.

Setelah konstruksi selesai di Juli 2018, proses menuju operasi MRT di Maret 2019 terlebih dahulu akan diawali oleh proses tes integrasi kereta dan commisioning hingga akhir 2018. Kereta kemudian diujicoba operasinya pada awal tahun sesudahnya, sebelum akhirnya beroperasi pada Maret 2019.

Saat ini pemasangan track railway atau rel kereta sudah mencapai 1.360 meter, dari keseluruhan total panjang rel sekitar 36 ribu meter. 

"Dengan perkembangan ini, dapat dipastikan MRT akan beroperasi sesuai jadwal," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar.

Saat ini PT MRT Jakarta juga tengah mempersiapkan sumber daya manusia menuju operasionalnya nanti. Perusahaan telah mengirimkan beberapa karyawan untuk menjalani pelatihan masinis di Malaysia. Secara keseluruhan, persiapan operasi dan maintenance yang terdiri dari kesiapan institusi (regulasi, SOP, program, dan lain-lain) serta SDM saat ini baru mencapai 31,93%. (detikcom)