(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan Jatuh pada 6 Juni 2016

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan Jatuh pada 6 Juni 2016
WinNetNews.com - Penetapan awal bulan Ramadan 1437 H sudah ditetapkan oleh PP Muhammadiyah, yaitu awal Ramadan 1437 H, jatuh pada Senin, 6 Juni 2016. Penetapan itu dilakukan setelah Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah melakukan penghitungan.

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Umar Fatkhurrohman mengatakan, ada tiga parameter penilaian untuk memperkirakan wujudul hilal (tampaknya pertanda awal bulan).

Kata Umar, yang pertama, harus sudah terjadi ijtimak atau konjungsi antara matahari dan bulan. Kedua, ijtimak harus terjadi sebelum matahari terbenam. Ketiga yakni saat matahari terbenam, bulan bulan terbenam.

"Tiga parameter itu harus terpenuhi. Dari parameter itu, kemudian dilakukan penghitungan," kata Umar di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Teuku Cik Di Tiro, Yogyakarta, Senin (18/4/2016).

Berdasarkan laporan hasil penghitungan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, ijtimak sudah terjadi pada Minggu, 5 Juni 2016. Pada saat itu, hilal sudah akan tampak atau terwujud.

"Ketinggian hilal (bulan) di Yogyakarta berada di posisi +04 derajat 01' 58", Banda Aceh +03 derajat 42' 37", dan Merauke +03 derajat 00' 33". Artinya, 1 Ramadan jatuh pada Senin Pahing, 6 Juni 2016," jelasnya.

Ia menambahkan, selain awal Ramadan, PP Muhammadiyah juga sudah menetapkan 1 Syawal 1437 H atau Hari Raya Idul Fitri. Yakni pada Rabu, 6 Juli 2016. Hal itu disebabkan, ijtimak belum terjadi pada Senin 4 Juli 2016. "Puasa ramadannya digenapkan menjadi 30 hari," ujarnya.

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Dakwah, Yunahar Ilyas mengatakan, pihaknya tak hanya menetapkan awal ramadhan dan hari raya Idul Fitri. PP Muhammadiyah juga menetapkan Idhul Adha, jatuh pada Senin, 12 September 2016. Sementara, hari Arafah jatuh pada sehari sebelumnya .

Dilansir dari laman metronews.com

foto: okezone.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});