Mulai 1 Oktober 2016, Tarif Commuter Line Naik Rp 1.000

Mulai 1 Oktober 2016, Tarif Commuter Line Naik Rp 1.000

Jumat, 19 Agt 2016 | 10:07 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Terhitung mulai 1 Oktober 2016 mendatang, tarif Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani rute Jakarta – Bogor – Tangerang – Bekasi – dan Parupanjang naik Rp 1.000 dari tarif sebelumnya. Kenaikan ini sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Nomor 35 Tahun 2016.

PT KCJ telah mengoperasikan KRL dengan rute Bogor – Jakarta (PP); Depok – Jakarta (PP); Bekasi – Jakarta (PP); Parungpanjang – Jakarta (PP); dan Tangerang – Jakarta (PP).

Pengajuan kenaikan tarif KRL itu sudah diajukan oleh operator kepada Pemerintah sejak tahun 2014, namun Pemerintah baru menyetujui pengajuan tersebut pada tahun 2016 dengan salah satu pertimbangan adalah inflasi dan investasi penambahan armada.

image0

Kenaikan tarif ini diberlakukan untuk meningkatkan pelayanan, salah satunya penambahan fasilitas dan sarana di tiap – tiap stasiun.

Baca juga: Terkait Perbaikan Stasiun, PT KCJ Naikkan Tarif KRL

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono mengemukakan, pemerintah telah menanyakan & memastikan komitmen dari PT. KCJ terkait peningkatan fasilitas dan pelayanan yang harus diberikan kepada penumpang terkait naiknya tarif KRL tersebut, diantaranya dengan penambahan sarana.

Saat ini lintas Jabodetabek memiliki kapasitas lintas yang cukup padat, Pemerintah sedang membangun DDT (Double Double Track) Manggarai – Bekasi dalam rangka pemisahan pelayanan kereta jarak jauh dan kereta perkotaan (KRL), sehingga nantinya kapasitas lintas dapat ditingkatkan dan dapat meminimalisir keterlambatan kereta.

”Sebagai regulator dapat memahami untuk dilakukan kenaikan tarif KRL tersebut, namun PT.KCJ harus tetap meningkatkan kualitas fasilitas dan pelayanan bagi masyarakat,” tegas Prasetyo.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...