Mulai Hari Ini Kawasan Ganjil Genap Diperluas
ilustrasi

Mulai Hari Ini Kawasan Ganjil Genap Diperluas

Senin, 2 Jul 2018 | 06:44 | Rusmanto

WinNetNews.com - Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan BPTJ memperluas pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap selama Asian Games 2018. Perluasan sistem ganjil genap resmi diujicoba hari ini.

"Untuk waktunya, kalau biasanya dua sesi pagi jam 06.00-10.00 WIB dan sore 16.00-20.00 WIB, untuk Asian Games agak diperluas dari 06.00 WIB sampai jam 21.00 WIB," kata Kadishub DKI Andri Yansyah di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6).

image0

Sistem ganjil genap selama Asian Games ini akan berlaku selama 15 jam per hari. Hal ini karena ada syarat yang mengharuskan perjalanan atlet dari wisma atlet di Kemayoran sampai venue pertandingan hanya 30 menit. 

Sistem ganjil genap itu diberlakukan di ruas jalan seperti Jl Jenderal Sudirman, Jl MH Thamrin, Jl Ahmad Yani, Jl DI Panjaitan, Jl MT Haryono, Jl Gatot Subroto, sebagian Jl S Parman, Jl Rasuna Said, Jl RA Kartini, Jl Metro Pondok Indah hingga Jl Benyamin Sueb.

Dishub DKI juga sudah melakukan sejumlah sosialisasi, salah satunya dengan pemasangan spanduk pemberitahuan. Selain itu, 185 petugas Dishub DKI diterjunkan untuk memperlancar jalannya uji coba hari ini.

"Jumlah petugas Dishub yang ditempatkan di 41 simpang ada 185 petugas," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko melalui pesan singkat.

Petugas akan dibagi dalam dua shift. Shift pertama mulai pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB, kemudian pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Uji coba yang diberlakukan mulai hari ini hingga 31 Juli. Petugas hanya fokus kepada sosialisasi, tidak akan ada penilangan. Penilangan baru diterapkan pada 1 Agustus 2018.

Selain itu, Dishub DKI dan Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rute alternatif bagi para pengendara yang tak bisa melintas di ruas jalan tersebut.

  1. Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Suprapto - Jalan Salemba Raya - Jalan Matraman - dan sekitar arah Timur.
  2. Jalan Warung Jati Barat - Jalan Pejaten Raya - Jalan Pasar Minggu - Jalan Soepomo - Jalan Saharjo - dan sekitar arah Selatan.
  3. Jalan RE Martadinata - Jalan Danau Sunter Barat - Jalan HBR Motik - Jalan Gunung Sahari - dan sekitar Utara.
  4. Jalan RA Kartini - Jalan Ciputat Raya - dan sekitar arah Selatan.
  5. Jalan Akses Tol Cikampek- Jalan Sutoyo - Jalan Dewi Sartika - dan sekitar arah Timur.
  6. Jalan S Parman - Jalan Tomang Raya - Jalan Surya Pranoto atau Jalan Cideng - dan sekitar arah Utara.

 

 

 

sumber: detikcom

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...