Mulai Sekarang, Lagu Indonesia Raya Akan di Putar di Bioskop

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Mulai Sekarang, Lagu Indonesia Raya Akan di Putar di Bioskop Foto:Ilustrasi

Winnetnews.com - Pada umumnya, sebelum kita menonton film di bioskop kita disajikan iklan atau film-film yang akan tayang. Belum lama ini, beredar surat
dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang mengimbau untuk menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya kepada penonton bioskop sebelum film dimulai. Surat itu tercatat dengan nomor 1.30.1/Menpora/2019, yang ditetapkan pada Rabu 30 Januari 2019.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, pihak Kemenpora yang diwakili Sesmenpora, Gatot Dewa Broto membenarkan soal tersebut. "Iya itu betul. Betul yang tertulis seperti dalam surat edaran itu,"  kata pihak Kemenpora.

 

Surat itu dimaksudkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta pada Tanah Air. Dengan itu, diminta pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutar sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film diputar.

Menyanyikan lagu kebangsaan sebenarnya sudah diterapkan di sejumlah negara, bahkan diwajibkan. Negara yang menerapkan kebijakan ini antara lain India, Pakistan, dan Filipina.

Apa Reaksi Kamu?