Mulut Terasa Pahit? Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Mulut Terasa Pahit? Mungkin Ini Penyebabnya

Rabu, 12 Jun 2019 | 09:09 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu masalah kesehatan yang sering diderita oleh banyak orang adalah sensasi mulut yang terasa pahit. Meski bisa membuat kita merasa tidak nyaman, kebanyakan orang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah kesehatan yang patut untuk kita waspadai.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit

Pakar kesehatan menyebut mulut yang terasa pahit seringkali terkait dengan penurunan produksi air liur di dalam mulut. Hal ini membuat keseimbangan bakteri di dalam mulut menurun dan akhirnya membuat produksi sulfur di dalam mulut semakin meningkat. Sayangnya, hal inilah yang membuat mulut terasa pahit.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan sensasi mulut terasa pahit yang harus diwaspadai.

1. Terkena sindrom mulut terbakar

Selain sensasi pahit pada mulut, sindrom mulut terbakar juga akan menyebabkan gejala seperti panas atau terbakar pada mulut sehingga bisa membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Gejala dari masalah kesehatan ini juga bisa terjadi di sebagian atau seluruh bagian mulut.

Masalah kesehatan ini juga bisa membuat mulut kering dengan sensasi logam yang sangat kuat. Pakar kesehatan menyebut sindrom mulut terbakar lebih sering terjadi pada wanita yang sudah berada dalam fase menopause atau berusia lanjut. Selain itu, mereka yang menderita diabetes atau mengalami kanker juga bisa mengalami hal yang sama di usia produktif.

2. Mengalami masalah mulut kering

Dalam dunia medis, mulut kering disebut sebagai xerostomia. Kondisi ini seringkali terkait dengan gangguan produksi air liur yang dipengaruhi oleh faktor penuaan, kebiasaan merokok, mengonsumsi obat-obatan tertentu, hingga masalah autoimun seperti terkena sindrom Sjogren. Masalahnya adalah hal ini akan menyebabkan sensasi tidak nyaman, sensasi pahit, tidak mampu menikmati rasa asin, hingga gangguan menelan dan berbicara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...