Mungkinkah Hipertensi Disembuhkan?
ilustrasi

Mungkinkah Hipertensi Disembuhkan?

Jumat, 2 Agt 2019 | 08:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Saat sedang konsultasi dokter, banyak dari pasien yang melaporkan bahwa mereka sudah tak pernah lagi mengalami episode hipertensi kambuhan dan tekanan darah mereka sudah menurun sejak rutin berobat. Banyak juga yang bertanya, apakah hipertensi bisa sembuh?

Tekanan darah turun tak berarti hipertensi bisa sembuh

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi permanen di mana tekanan darah terus menerus tinggi atau lebih dari 140/90 mmHg. Anda tidak bisa merasakan hipertensi. Banyak pasien yang bahkan tidak tahu mereka menderita tekanan darah tinggi. 

Hipertensi bisa muncul tanpa gejala fisik, yang diam-diam merusak pembuluh darah dan menyebabkan ancaman kesehatan yang serius.

Ini karena hipertensi bukanlah penyakit tersendiri, namun suatu sindrom atau kumpulan gejala penyakit di dalam tubuh. Hipertensi bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti penyakit jantung atau penyakit ginjal. 

Jika tekanan darah tinggi Anda disebabkan oleh penyakit lain yang mendasarinya, hipertensi bisa disembuhkan dengan cara mengobati akar penyebabnya — jika penyakit mendasarnya memang mungkin untuk disembuhkan.

Akan tetapi, sebagian besar kasus tekanan darah tinggi (sekitar 85% sampai 90%) di dunia tergolong hipertensi esensial atau primer. Pada sebagian besar kasus, kondisi hipertensi primer yang diderita oleh hampir kebanyakan orang dipengaruhi oleh keturunan (genetik) atau gaya hidup/lingkungan yang tidak sehat. 

Untuk beberapa kasus, penyebab hipertensi primer tidak dapat ditentukan. Hipertensi jenis ini tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dikendalikan. Dengan demikian, bila tekanan darah turun, bukan berarti Anda sembuh total dari hipertensi. “Mereka tetap memiliki potensi terhadap penyakit yang disebabkan oleh hipertensi apabila tidak [gejala] tidak dikelola dan tekanan darah kembali naik,” ungkap Prof Suhardjono, dilansir dari laman PD PERSI.

Jadi untuk menjawab pertanyaan “apakah hipertensi bisa disembuhkan?”, tidak. Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikelola. Hipertensi yang tidak dikontrol justru bisa menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke atau bahkan kematian. Sehingga tak mengherankan apabila pengelolaan dan pengobatan hipertensi ditangani oleh banyak ahli dari berbagai spesialis, di antaranya jantung, ginjal, dan syaraf.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...