Mungkinkah ini Penyebab Kenapa Coronavirus Tidak Ada di Indonesia
ilustrasi

Mungkinkah ini Penyebab Kenapa Coronavirus Tidak Ada di Indonesia

Senin, 10 Feb 2020 | 10:39 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sejak kemunculannya pada akhir 2019, novel coronavirus telah menginfeksi lebih dari 30.000 orang dari 28 negara. Berdasarkan data Worldometer, penyebaran virus ini tidak hanya meliputi negara-negara di Asia, tapi juga Eropa seperti Spanyol dan Belgia. Akan tetapi, mengapa hingga kini tidak ada kasus novel coronavirus di Indonesia?

Mungkinkah novel coronavirus menyebar di Indonesia?

image0

Novel coronavirus yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok, adalah bagian dari famili virus berukuran besar yang disebut coronavirus. Virus berkode 2019-nCoV ini biasanya ditemukan pada mamalia dan menjadi penyebab sejumlah gangguan pernapasan.

Sebagian besar coronavirus memicu gangguan pernapasan umum seperti flu dan pilek. Namun, tipe coronavirus lain bisa memicu penyakit yang lebih berbahaya seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang sempat merebak di Indonesia tahun 2003.

Penyebaran coronavirus penyebab SARS, MERS, dan wabah yang berasal dari Wuhan sama-sama berawal dari hewan. Pada kasus SARS, virus yang menjangkiti kelelawar berpindah ke musang, lalu berpindah lagi ke manusia yang mengonsumsinya.

Novel coronavirus yang ditemukan di Wuhan juga diduga kuat berasal dari kelelawar. Peneliti di Tiongkok meyakini bahwa virus ini awalnya berpindah dari kelelawar ke ular. Kemudian, penularan terjadi ke manusia yang mengonsumsi ular.

Konsumsi ular mungkin terdengar tak lazim. Namun, faktanya ada banyak negara yang memiliki minat besar terhadap konsumsi daging hewan liar, termasuk Indonesia. Selain ular, peminat daging hewan liar mungkin juga tidak asing dengan kelelawar, tikus, dan musang.

Hewan-hewan tersebut hanyalah segelintir contoh dari sekitar 100 jenis hewan liar yang dijual di Pasar Huanan, Tiongkok. Pasar ini diyakini menjadi titik awal penyebaran novel coronavirus. Mengingat Indonesia pun memiliki pasar hewan liar, novel coronavirus mungkin saja dapat menyebar di sini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...