Mungkinkah Ini Penyebabnya Bila Pasangan Mudah Marah dan Emosi?
ilustrasi

Mungkinkah Ini Penyebabnya Bila Pasangan Mudah Marah dan Emosi?

Selasa, 23 Feb 2021 | 07:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Punya pasangan yang suka marah-marah tentu bikin hati jadi jengkel bukan kepalang. Apalagi kalau pasangan mulai menyalahkan Anda terus-terusan, maka pertengkaran ini tentu sudah tidak sehat lagi dan harus segera dihentikan. Ketimbang balik emosi yang justru bisa memperparah keadaan, sebaiknya cari tahu dulu penyebab pasangan marah berikut ini.

Kenapa pasangan marah dan gampang emosi?

Hubungan yang sehat itu bukan berarti tidak pernah dibumbui dengan pertengkaran atau berselisih pendapat. Bertengkar dengan pasangan itu hal yang biasa, tapi sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut dan segera diselesaikan dengan kepala dingin.

Wajar saja kalau pasangan marah dan gampang emosi saat pikirannya sedang penat. Akan tetapi, jika ini terjadi berhari-hari, Anda mungkin jadi bingung dan mulai menebak-nebak penyebabnya.

Berikut ini berbagai penyebab pasangan marah dan gampang emosi, yaitu:

1. Stres

image0

Pikiran yang penat dan stres berkepanjangan adalah penyebab pasangan marah yang paling umum. Tanpa disadari, amarah memiliki efek yang mirip seperti amfetamin dan analgesik, dua zat yang dapat meningkatkan energi dan menghilangkan rasa sakit.

Saat sedang stres, Anda akan merasakan denyut jantung meningkat, pernapasan lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah Anda naik. Untuk mengatasinya, respon fisiologis tersebut akan mengeluarkan reaksi amarah untuk memunculkan efek amfetamin dan analgesik tadi.

Efek amfetamin dan analgesik ini akan memberikan lonjakan energi dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Itulah mengapa, beberapa orang yang stres lebih memilih untuk menumpahkannya lewat amarah supaya dirinya merasa lebih baik setelahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...