Mungkinkah Ini Penyebabnya Mengapa Telapak Tangan Sering Terasa Gatal?

Rusmanto
Rusmanto

Mungkinkah Ini Penyebabnya Mengapa Telapak Tangan Sering Terasa Gatal? ilustrasi

Winnetnews.com -  Telapak tangan Anda terus terasa gatal dan menimbulkan sensasi panas? Ini bukan pertanda datangnya rezeki seperti mitos yang beredar. Bisa jadi, justru muncul karena adanya masalah kesehatan tertentu. Penasaran apa saja penyebabnya? Yuk, lihat deretan masalah medis yang mungkin menjadi penyebabnya.

Penyebab telapak tangan gatal dan panas

Sebagian besar aktivitas Anda mengharuskan tangan bergerak aktif. Mulai dari menulis, mengetik, menggambar, hingga memegang banyak benda.

Jika tangan Anda terasa gatal, tentu konsentrasi dan aktivitas bisa terganggu. Anda akan berusaha keras untuk meringankan rasa gatal dengan menggaruk atau mengusapnya.

Namun, setelah menggaruk, bukannya bertambah baik malah akan semakin gatal dan menimbulkan sensasi panas.

Supaya dapat diatasi dengan tepat, Anda harus tahu lebih dahulu masalah kesehatan yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa kondisi yang kemungkinan menyebabkan telapak tangan gatal disertai sensasi panas.

1. Eksim

Eksim merupakan gangguan kulit yang bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk pada telapak tangan. Menurut laman National Eczema Association, kondisi ini terjadi pasa 10% orang di Amerika.

Penyakit tidak menular ini menyebabkan telapak tangan menjadi gatal, memerah, kering, dan pecah-pecah. Pada jenis eksim dishidrotik (dishidrosis), kulit di permukaan tangan yang gatal dapat melepuh.

Kondisi ini rentan terjadi pada orang yang tangannya sering terpapar bahan kimia dan air, seperti montir, petugas kebersihan, dan penata rambut.

Untuk meredakan gejala, orang dengan kondisi ini harus menghindari paparan pemicu, misalnya menggunakan sarung tangan. Kemudian, diikuti dengan menjaga kebersihan tangan, memakai pelembap dan krim antigatal, dan menjaga telapak tangan supaya tetap kering.

Apa Reaksi Kamu?