Mungkinkah Manusia Hidup dengan Sebelah Paru-paru?
ilustrasi

Mungkinkah Manusia Hidup dengan Sebelah Paru-paru?

Kamis, 26 Mar 2020 | 11:58 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Ternyata manusia bisa hidup dengan sebelah paru. Manusia memiliki sepasang paru-paru sebelah kiri dan kanan yang tersambungkan. 

Banyak hal yang membuat kerusakan pada paru-paru manusia, dari infeksi, kecelakaan, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. Hal tersebut dalam beberapa kasus mengharuskan pasien merelakan satu parunya untuk dibuang.

Kisah perempuan yang hidup dengan sebelah paru

image0

“Siapa saja bisa terkena kanker paru.”

Itulah pesan dari Amanda Kouri, perempuan 24 tahun asal Manhattan yang menderita kanker paru. Kouri harus hidup dengan sebelah paru karena kanker padahal selama hidupnya ia tidak pernah menyentuh rokok.

Siapa pun yang didiagnosa menderita kanker paru pasti akan terkejut. Tapi dalam kasus Kouri, ia merasa hal ini di luar nalarnya. Kouri mengatakan dia adalah tipe yang menjalankan gaya hidup sehat, dari mulai rutin olahraga, konsumsi makanan sehat, dan seratus persen menghindari rokok. 

Tahun 2008 ia mulai merasa sering mengalami masalah pernafasan yang berkembang menjadi pneumonia kambuhan. Enam tahun kemudian, 2014 Kouri mengalami sakit di dada yang luar biasa. Dilansir Medical Daily Today, saat itu Kouri mengalami serangan jantung ringan yang disebabkan oleh tumor di paru-parunya. 

Karena kejadian itu ia mengetahui ada kanker di parunya dan beruntungnya kabar mengejutkan itu datang ketika masih stadium awal. Kankernya masih berdiam hidup di sebelah parunya, belum menyebar ke organ tubuh lainnya.

Atas saran dokter, Kaori memutuskan untuk melakukan pengangkatan pada sebelah paru-parunya. Kaori tidak perlu melakukan transplantasi paru, karena menurut dokter ia tetap bisa hidup dengan sebelah paru yang tersisa. 

“Bisa hidup panjang, sehat dengan hanya sebelah paru,” kata Kaoru.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...