Mungkinkah Seseorang Terkena Hepatitis Berulang Kali?

Rusmanto

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Mungkinkah Seseorang Terkena Hepatitis Berulang Kali?
detikcom

Winnetnews.com -  Hepatitis merupakan penyakit menular dan bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak hingga dewasa. Seseorang yang sudah pernah terinfeksi pun kemungkinan masih bisa tertular kembali. Apa sih alasannya?

Anggota komite ahli hepatitis Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Prof Dr dr Rino Alvani Gani, SpPD-KGEH menyebut jika penyebabnya adalah hal yang sama, misalnya virus hepatitis B, pengidapnya masih bisa terinfeksi kembali. Pasalnya, virus tersebut tidak hilang dan bisa memicu peradangan hati kembali bahkan kronik.

"Hepatitis berkali-kali artinya kalau penyebabnya hal yang sama ya bisa menimbulkan hepatitis kronik. Misalnya, hepatitis B. Sebenarnya virusnya tidak hilang, tapi peradangan hatinya bisa terjadi berkali-kali, sehingga terjadi hepatitis kronik," ucapnya dalam webinar virtual, Sabtu (14/5/2022).

Sedangkan untuk virus hepatitis A biasanya cuma menginfeksi satu kali dan pasien akan mendapatkan kekebalan. Namun, hepatitis A akan menjadi berat apabila seseorang belum pernah terinfeksi.

"Untuk hepatitis A misalnya, biasanya cukup satu kali. Kemudian terdapat kekebalan dari pasien sehingga kebal terhadap virus hepatitis A," pungkas Prof Rino

"Kemungkinan masih banyak mereka-mereka yang usianya sudah dewasa belum pernah terinfeksi virus hepatitis A. Sehingga apabila terkena virus hepatitis A, maka gejalanya akan berat. Karena itu, mungkin perlu dilakukan juga pemeriksaan apakah sudah pernah terinfeksi hepatitis A atau belum," sambungnya.

Selain itu, Prof Rino juga mengungkapkan apabila hepatitis yang dialami disebabkan oleh obat, kemungkinan juga bisa terinfeksi kembali. Salah satu obat yang dapat memicu infeksi kembali adalah obat yang bersangkutan dengan TBC.

"Untuk hepatitis karena obat juga bisa timbul beberapa kali tergantung dari obat-obat yang menimbulkan kerusakan hatinya. Sehingga tentu harus dihafalkan obat-obat apa saja yang bisa menimbulkan kerusakan hati. Biasanya obat-obat yang bersangkutan dengan TBC ini bisa menimbulkan kerusakan hati," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bisakah Seseorang Kena Hepatitis Akut Berkali-kali? Dokter Ungkap Faktanya"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...