Mungkinkah Sidik Jari Berubah?

Rusmanto
Rusmanto

Mungkinkah Sidik Jari Berubah? ilustrasi
Winnetnews.com -  Sidik jari merupakan identitas yang unik karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang memiliki pola sidik serupa atau sama dengan orang lain. Lantas, apakah sidik jari seseorang bisa berubah? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Fungsi sidik jari manusia

Sidik jari terdiri dari lengkungan, garis, dan gelombang yang membentuk sebuah pola.

Jika Anda memperhatikan kulit jari tangan, akan ada lengkungan yang membentuk pola. Anda dapat melihat polanya dengan jelas, ketika jari dicelupkan sedikit ke dalam cat dan ditempelkan ke atas kertas. Pola yang muncul pada jari inilah yang Anda kenal sebagai sidik jari.

Sidik jari ini mulai terbentuk di dalam kandungan, yakni selama trimester pertama. Menurut studi pada jurnal Science, sidik jari berfungsi untuk meningkatkan kemampuan indera perasa. Ini dibuktikan dengan meningkatnya rangsangan sel-sel pacini yang merupakan ujung saraf di kulit yang mendeteksi tekstur.

Selain itu, sidik jari juga dijadikan sebagai penanda identitas seseorang. Fungsinya ini dapat membantu penegak hukum mengetahui data pribadi seseorang yang sebenarnya, sekalipun ia mengubah penampilan. Bahkan, sidik jari juga bisa digunakan sebagai “kunci” untuk mengakses sesuatu, seperti ponsel dan teknologi lainnya.

Apa Reaksi Kamu?