(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Musibah Kebakaran Hotel di Mekkah

Cincin Suryanto
Cincin Suryanto

Musibah Kebakaran Hotel di Mekkah

WinGamers, Jakarta. Di tengah tengah khusuknya para tamu Allah dari seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji di kota Mekkah, pada hari Kamis, 17 September 2015 terjadi kebakaran di hotel Sakaf Al- Barkah yang di huni para jamaah haji asal Asia dan terutama jamaah haji asal Indonesia.

Api kebakaran berasal dari lantai 8 hotel yang terletak di kawasan AL Aziziyah tersebut yang dihuni jamaah haji asal dari Jawa Tengah, Indonesia. Diduga api berasal dari insiden memasak nasi dengan rice cooker yang ditinggal karena melaksanakan ibadah umrah, jamaah tersebut berasal dari Solo - Jawa Tengah.

Terdapat dua jamaah haji asal Solo yang dirawat karena sesak nafas di rumah sakit setempat diduga karena menghisap asap kebakaran yang terjadi.

“Terdapat 1000 lebih tamu hotel diungsikan” menurut Arsyad Hidayat, Kepala Daerah Kerja Mekkah dari Kemetrian Agama RI dan Arsyad membenarkan bahwa insiden kebakaran ini diakibatkan oleh jamaah haji Indonesia yang mengabaikan petunjuk keselamatan yang telah ditetapkan dalam menginap di hotel ini.

Jamaah haji sempat diungsikan ke hotel Holliday Inn namun saat ini sebagian besar sudah dikembalikan ke hotel asal, kecuali mereka yang berada di lantai 8 tempat terjadinya kebakaran, para jamaah haji ini yang berasal di lantai 8 ditempatkan di hotel baru di wilayah Mahbas Jin, demikian keterangan Arsyad Hidayat.

Semoga hal ini menjadi pelajaran yang berharga bagi seluruh jamaah haji asala tanah air dan semoga ibadah haji di tahun ini dapat diberikan kelancaran selanjutnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});