Musibah Mina Dari Tahun Ke Tahun

Rani
Rani

Musibah Mina Dari Tahun Ke Tahun

image0

Peta Sekitar Mina, Arab Saudi (WinGamers/Kompas)

Jakarta, WinGamers - Prosesi ibadah haji tahun 2015 ini diwarnai dengan berbagai insiden. Mulai dari peristiwa jatuhnya Crane di area perluasan Masjidil Haram, kebakaran hotel di Mekkah, rubuhnya tenda-tenda penginapan jemaah haji Indonesia di Arafah, hingga tragedi Mina yang menewaskan sekitar 717 orang jemaah haji dan menciderai sekitar 863 orang jemaah haji pada hari kamis (24/9) sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Dalam tragedi mina tersebut, sebanyak 3 orang WNI turut menjadi korban meninggal.

Jika di flash back ke masa lampau, tragedi Mina bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya di tanggal 2 Juli 1990 terjadi Tragedi terowongan Mina yang menyebabkan sebanyak 1.426 orang tewas akibat berdesak-desakan dan terinjak dalam terowongan Al Maaisim.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 1994, 270 orang jemaah tewas akibat terinjak-injak saat akan melakukan lempar jumrah. Empat tahun setelahnya insiden kembali terjadi di Jembatan Jamarat, saat prosesi lempar jumrah berlangsung. Insiden yang terjadi pada tanggal 9 April 1998 ini menewaskan 118 orang tewas dan 180 orang luka-luka.

Setelah itu, tanggal 5 Maret 2001 tragedi Mina kembali menewaskan 35 orang jemaah haji, akibat terjadi penumpukan jemaah dan korban tewas karena terinjak-injak ketika berebut tempat untuk melempar jumrah. Insiden berikutnya terjadi pada tahun 2003, 14 orang jemaah tewas akibat para jemaah haji saling berebut untuk melakukan pelemparan jumrah.

Tiga tahun kemudian, sebanyak 364 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat terinjak-injak oleh jemaah haji lain ketika melakukan pelemparan jumrah. Insiden terbaru terjadi di jalan 204 dan 223, Mina pada 24 September 2015. Lokasi kejadian berada di jarak sekitar 5 km dari Mekah. Insiden ini terjadi ketika para jemaah haji ingin melakukan pelemparan jumrah. Terjadi aksi saling dorong mendorong di persimpangan jalan 204 dan 223 yang menyebabkan rombongan jemaah haji di belakngnya berhenti berjalan. Lalu terjadi pertengkaran dan ricuh di antara para jemaah, sehingga ribuan jemaah jatuh dan terinjak-injak oleh jemaah haji lainnya.

Informasi terbaru menyebutkan sebanyak 717 orang jemaah haji meninggal dunia, 3 diantaranya adalah WNI yakni, Hamid Atuwi (asal Surabaya), Saiyah (asal Batam), dan seorang korban yang masih diselidiki identitasnya diperkirakan bernama Sumaniro (asal Probolinggo). Korban terakhir yang masih belum pasti identitasnya, karena korban tidak menggunakan gelang identitas di pergelangan tangannya. Kemudian diketahui terdapat 1 lagi WNI yang menjadi korban luka dan dalam kondisi kritis di Rs An Nur Mekkah. Hingga kini identitas WNI yang sedang dirawat tersebut masih ditelusuri. Umumnya korban berasal dari Mesir dan negara-negara Afrika.

Baca juga artikel: Korban Meninggal Tragedi Mina Sedikitnya 717

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});