Musim Hujan...!!! Ini Tipsnya Agar Motor Bebas Karat

Muchdi
Muchdi

Musim Hujan...!!! Ini Tipsnya Agar Motor Bebas Karat

WinNetNews.com - Salah satu kendala pengendara motor saat musim hujan seperti saat ini adalahkomponen motor yang mudah berkarat. Masalah ini acapkali muncul karena tingginya kadar asam pada air hujan sehingga membuat komponen logam terkena korosi.

Praktis hadirnya korosi pada mesin bisa mengakibatkan fungsi terganggu. Misalnya, komponen akan jadi seret atau bahkan macet. Tentu, sebagai pengendara motor yang baik, Anda tidak mau kan kalau komponen motor Anda seret atau macet?

Dikutip dari Liputan6, Jakarta, Nah, untuk itu, berikut Tips perawatan motoragar motor kesayangan terbebas dari karat:

Kabel Gas dan Kopling

Saat hujan, apalagi hujan deras hingga banjir, air akan masuk ke dalam slang kabel gas dan kopling. Pengendara yang tidak sadar akan membiarkan hal tersebut dan akhirnya timbul karat.

Jika kopling ditarik dan terasa lebih keras dari biasanya, itu pertanda jika kopling Anda berkarat. Indikasi awal, mesin akan tetap menderu meskipun gas sudah ditutup.

Nah, jika muncul ciri tersebut pada motor Anda, maka lakukanlah pembersihan. Caranya, semprotkan cairan antikarat ke dalam lubang slang baik kabel gas ataupun kopling. Kemudian, tarik naik turun kabel beberapa saat.

Jika tidak memiliki cairan antikarat, Anda juga dapat menggunakan bensin dengan cara yang sama seperti menggunakan cairan antikarat.

Tuas Rem

Tuas rem yang posisinya di bawah membuat komponen ini sangat mudah terkena air dan pada akhirnya akan berkarat. Akibat paling fatal dari tuas rem berkarat adalah ia tidak bisa kembali ke posisi semula.

Tentu rusaknya fungsi rem sangat berbahaya. Karena itu, cobalah untuk membersihkan tuas rem dari kotoran secara berkala.

Cara membersihkannya, semprotkanlah cairan penetran beberapa kali sampai bagian tuas rem tidak terasa seret lagi.

Kick Starter

Fitur elektrik starter mungkin membuat kick starter jarang digunakan. Meskipun begitu, karena posisinya di bawah, komponen ini juga rentan terkena karat. Karat dapat muncul terutama pada bagian sambungan.

Saat kick starter Anda berkarat, tandanya adalah komponen ini sulit kembali ke posisinya semula. Karena itu, bersihkanlah bagian sambungan kick starter secara berkala dengan cairan antikarat.

Apa Reaksi Kamu?