Nadiem Dinilai Berbusana 'Tak Pantas', Komisi X: Jangan Judge Orang dari Outfit Dong!
via radaraktual.com

Nadiem Dinilai Berbusana 'Tak Pantas', Komisi X: Jangan Judge Orang dari Outfit Dong!

Sabtu, 7 Des 2019 | 11:40 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Mendikbud Nadiem Makarim ditegur karena dianggap berpakaian terlalu santai saat menghadiri pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI). Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menilai hal tersebut tak perlu dibesarkan karena norma kepantasan berpakaian selalu berubah.

“Memang ada orang-orang tertentu yang punya pembawaan tertentu, termasuk dalam pilihan berpakaian atau gaya berbusananya. Di era disrupsi standar kebenaran dalam berpakaian juga bisa berubah,” kata Hetifah kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Dia mengatakan pejabat atau birokrat pada masa lalu juga acap kali menggunakan safari sebagai baju resmi. Namun saat ini baju putih meski simpel bisa diterima sebagai pakaian yang bernuansa formal.

“Generasi saya dan sebelumnya, dulu hafal kan ada pengusaha terkenal Bob Sadino... Nah beliau juga unik berpakaiannya selalu pakai celana pendek. Dulu juga sempat heboh,” kata politikus Golkar ini.

Melansir Detik.com, terkait pakaian pejabat, Henifah mengatakan pemerintah memang punya aturan seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden No.71 tahun 2018. Dia pun menilai kritik yang dilontarkan bisa jadi masukan bagi Nadiem.

Meski demikian, Henifah tidak setuju bila seseorang dinilai hanya berdasarkan pakaian yang dipakai. Menurutnya, di luar cara berpakaian, yang terpenting Nadiem bekerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Jika ada yang bermaksud mengingatkan beliau tentang dress code yang dianggap pantas di suatu acara formal saya kira bagus-bagus saja, biarkan Mas Nadiem jadikan ini sebagai masukan. Namun kita tidak perlu men-judge atau mendiskreditkan seseorang hanya dari outfit-nya di satu peristiwa,” jelas Henifah.

Terkait kritik tersebut, pihak UI tidak mempermasalahkan langgam berpakaian Nadiem. Sebab, Nadiem dinilai sudah menggunakan pakaian yang sesuai dengan dress code, yaitu batik.

“Nggak, nggak, no, no, no, tidak, tidak,” kata Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti, Jumat (6/12/2019).

Untuk diketahui, kritik soal gaya Nadiem itu datang dari mantan Ketua DPR Marzuki Alie. Lewat cuitannya di Twitter, mantan Ketua DPR RI itu menyigi busana Nadiem yang menurutnya terlalu santai untuk sebuah acara resmi seperti pelantikan rektor UI.

“Mas menteri @NadiemMakarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, di saat yang lain pakaian lengkap. Perlu mencontoh pres @jokowi yang bisa menyesuaikan dress code-nya. Anda sekarang pejabat publik,” tulis Marzuki. [dtc]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...