Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-Anak Jago Menghafal
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (foto: Jawa Pos)

Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-Anak Jago Menghafal

Jumat, 13 Des 2019 | 11:40 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menggagas konsep belajar baru yang disebut dengan ‘Merdeka Belajar’. Menurutnya, konsep ini mengambil esensi dari pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Konsep ini diharapkan dapat membebaskan instansi pendidikan dari belenggu pendidikan yang salah. Selain itu, Nadiem berharap jika konsep ini bisa menjado solusi agar anak-anak bisa berkreasi dan berinovasi.

“Ini yang Indonesia butuhkan di masa depan. Mohon maaf, tapi dunia tidak membutuhkan anak-anak yang jago menghafal,” papar Nadiem saat menghadiri rapat bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (12/12), seperti dilansir dari Tempo, Jumat (13/12).

image0
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (foto: Gaya Tempo)

Menurut penuturan Nadiem, konsep ini sedang digodok dan digarap oleh Kemendikbud. Dia meminta semua pihak untuk bersabar dalam waktu beberapa bulan ke depan untuk pematangan lebih lanjut. Nadiem juga menyayangkan kritik-kritik yang menyebut dirinya hanya coba-coba dalam mengubah sistem pendidikan.

“Jadi saya sebenarnya merasa sedih ketika mendengar komentar bahwa perubahan itu merupakan sesuatu yang bisa dilakukan di dunia pendidikan. Saya selalu mendengar itu, sering sekali,” lanjutnya.

Masih menurut Nadiem, cara satu-satunya untuk berinovasi adalah dengan melakukan berbagai percobaan. “Saya harus bicara seperti ini sejujurnya. Inilah yang seharusnya terjadi, para guru harus diberikan kebebasan untuk mencoba invasi baru dalam mengajar. Jika tidak seperti itu, maka kita tidak akan pernah maju,” papar Nadiem.

Sejauh ini, Nadiem telah meluncurkan empat rencana kebijakan pendidkan yang disebutnya dengan ‘Merdeka Belajar’. Kebijakan itu meliputi perubahan pada USBN, Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...