"Nafas Berat" Sepeda Motor India di Indonesia

"Nafas Berat" Sepeda Motor India di Indonesia

Kamis, 21 Apr 2016 | 10:21 | Muchdi

WinNetNews.com - Merek sepeda motor asal India, TVS, masih bertahan di tengah himpitan merek Jepang. Sebelumnya, merek asal India, Bajaj Pulsar, sudah terlebih dahulu “nyerah”, dari pertarungan pasar roda dua tanah air.

Rio Aditya Putra selaku Deputy Manager Corporate Communication PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) mengatakan, untuk penjualan TVS, wilayah Lampung jadi yang punya kontribusi besar dibanding daerah lain, sekitar 40 persen. Rio juga mengakui, kalau ada kendala dalam memasarkan produknya di Indonesia.

“Kendala terbesar tentunya terkait dengan karakter customer indonesia. Mereka kebanyakan tipikal brand minded, di mana produk Jepang sudah menjadi top of mind,” ujar Rio , seperti dikutip dari situs KompasOtomotif, Jakarta, di tulis Kamis,(21/4/2016).

Dari data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada kuartal pertama 2016 tahun ini, penjualan TVS terbilang sangat kecil, hanya mendapat jatah 0,03 persen dari total penjualan domestik, atau hanya terjual 441 unit. Namun, memang sedikit-demi sedikit tren penjualan mengalami kenaikan, dari Januari-Maret 2016.

Meski penjualan domestik terpuruk, namun napas hidup TVS di Indonesia masih tertolong oleh penjualan ekspor. Pada kuartal pertama, TVS berhasil menjual 3.068 unit, dengan kontribusi sebesar 4,13 persen.

Sumber &Foto dari KompasOtomotif, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...