Nafsu Makan Meningkat Saat Menstruasi? Ini Solusinya

Rusmanto
Rusmanto

Nafsu Makan Meningkat Saat Menstruasi? Ini Solusinya ilustrasi
Winnetnews.com -  Memasuki siklus menstruasi mulai dari munculnya PMS hingga akhirnya darah keluar ada banyak perubahan pada tubuh. Wanita jadi memiliki emosi yang labil dan suasana hatinya terus berubah-ubah. Wanita juga kerap mengalami lemas pada tubuhnya sehingga malas melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Nafsu Makan yang Meningkat

Selain mengalami lemas berlebihan, wanita juga sering mengalami rasa lapar berlebih dan nafsu makannya meningkat. Kondisi ini menyebabkan wanita suka makan cokelat atau sesuatu yang manis untuk membuat tubuhnya nyaman. Mereka juga akan mengonsumsi makanan jauh lebih banyak agar tubuhnya jadi nyaman.

Kalau Anda makan dengan batasan yang tepat dan mampu mengontrolnya, mungkin tidak akan terjadi masalah dengan tubuh. Namun, kalau Anda makan dengan sembarangan dan asal memasukkan makanan apa saja asal tubuh jadi nyaman, kemungkinan besar akan terjadi kenaikan berat badan.

Hormon memegang peranan yang sangat penting dalam hal peningkatan nafsu makan. Kalau Anda membiarkan hormon menguasai tubuh, kenaikan berat badan akan terjadi meski perlahan-lahan. Misal selama seminggu saat menstruasi muncul Anda jadi surplus kalori dan akhirnya meningkatkan berat badan.

Apa Reaksi Kamu?