Naik Cepat, Saham Facebook Catat Rekor Tertinggi Dalam Sejarah
Saham Facebok naik cepat tertinggi dan tercatat merupakan pertama dalam sejarah. [Foto: Wired.com]

Naik Cepat, Saham Facebook Catat Rekor Tertinggi Dalam Sejarah

Sabtu, 11 Jan 2020 | 19:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Saham Facebook (FB.O) kembali merangkak naik, bahkan mencapai nilai tertingginya setelah lebih dari satu tahun. Hal ini terlihat pada Jumat (10/1), saham Facebook naik cepat hingga 0,72% menuju US$219.88. Yang membuat nilai perusahaan menjadi setara US$ 622 miliar.

Angka ini menjadi rekor tertinggi dalam sejarah Facebook. Melewati rekor tertinggi sebelumnya di pertengahan tahun lalu, tepatnya pada 25 Juli 2018.

Berdasarkan catatan mengutip CNBCIndonesia.com, kala melakukan penjualan saham untuk pertama kalinya pada 18 Mei 2012, harga jual awal hanya US$ 38 dolar.

Dilansir Reuters, Sabtu (11/1) setelah mencatatkan rekor tertinggi pada Jumat siang, ketika penutupan, akhirnya harga saham harus jatuh dengan penurunan 0,11% pada penutupan bursa.

Adapun dua faktor utama yang berperan dalam kesuksesan Facebook dari waktu ke waktu adalah akuisisi Instagram pada 2012 dan WhatsApp pada 2014.

Seiring dengan semakin matangnya Facebook, portofolio aplikasi ini membantu mendorong pertumbuhan penggunanya ke tingkat lebih baik lagi.

Meski demikian, ironinya sehari setelah mencatatkan rekor tertinggi saham di Juli 2018 lalu, saham Facebook justru ambrol hingga 19%. Sehingga harus merasakan goncangan yang sangat besar.

Penyebabnya adalah langkah perusahaan yang secara tiba-tiba menyebut menghadapi tekanan multi-tahun pada margin keuntungannya.

Hal ini menyebabkan kekhawatiran akan masa depan Facebook berada di bawah ancaman. Apalagi, reputasi platform media sosial ini kian hari pun menjadi buruk.

Tersebarnya berita bohong atau hoax membuat banyak orang meninggalkan platform ini. Alhasil perusahaan pun harus menerima kenyataan kehilangan hampir setengah nilainya dalam aksi jual yang berlangsung hingga Desember 2018 lalu.

Penurunan atau kenaikan saham Facebook sangat berpengaruh terhadap fluktuasi indeks Wall Street secara keseluruhan.

Pun dengan saham FANG lainnya, yakni Amazon (AMZN.O), Alphabet (GOOGL.O) dan Netflix (NFLX.O). [cnbc]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...