Namanya Tak Masuk Direksi PLN, Kemana Susi Berlabuh?
Eks Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti. [Foto: Grid.id]

Namanya Tak Masuk Direksi PLN, Kemana Susi Berlabuh?

Senin, 23 Des 2019 | 15:56 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Mencuatnya nama eks Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menjadi Direktur Utama (DIrut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) rupanya langsung dibantah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Erick menegaskan tidak memasukkan nama Susi dalam tiga nama yang menjadi kandidat Dirut PT PLN seperti yang sudah dikabarkan beberapa waktu lalu. Erick justru menyebut nama Susi tidka ada di Tim Penilai Akhir (TPA) Kementerian BUMN.

Mengutip Tagar.id dari Antaranews.com, Erick hanya bisa memastikan akan memilih sejumlah nama dengan latar belakang yang baik dan bagus untuk membantu mengelola BUMN di periode kepemimpinannya.

“Nama Bu Susi untuk TPA (Tim Penilai Akhir) selama ini tidak ada,” ujar Erick Thohir di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12).

 “Orang-orang bagus pasti akan kita rekrut lah, 142 BUMN kan perlu komisaris utama (komut) dan dirut yang bagus-bagus,” sambungnya.

Susi memang sempat disebut-sebut publik akan duduk di jajaran direksi BUMN. Namun bukan di PLN melainkan di Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).

Meski belum belum ada kepastian penunjukan terhadap Susi, Eks Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mengaku tak mempermasalahkan jika benar mengangkat Susi menjadi direksi Perum Perindo.

"Nah, tapi saya tidak tahu apakah Susi mau, kan kalau dia mau bagus saja," ujar Said Didu.

Senada dengan Said Didu, pengamat dan Kepala Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Toto Pranoto mengatakan akan bagus sekali jika Susi duduk di Perum Perindo. Apalagi, Susi kata dia punya dasar di bidang fishery.

"Jadi, saya kira dia sudah sangat memahami nature business of fishery," ucap dia.

Terlebih, Susi berpengalaman sebagai memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan selama lima tahun periode pertama Jokowi.

"Akan memberikan sudut pandang yang strategis bagi pengembangan Perindo ke depan," tuturnya. [tagar]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...