Napi Lapas Banceuy Dipindahkan ke Rutan Kebonwaru Bakal Tempati Satu Blok

Napi Lapas Banceuy Dipindahkan ke Rutan Kebonwaru Bakal Tempati Satu Blok

WinNetNews.com-Sebagian narapidana asal Lapas Banceuy dipindahkan ke Rutan Kebonwaru Bandung. Pemindahan ini berlangsung selama tiga hari pascakerusuhan di penjara khusus napi kasus narkoba. Kanwil Kemenkum HAM Jabar pastikan para napi permanen menghuni satu blok di rutan itu.

"Ada 140 orang yang kami pindahkan ke Rutan Kebonwaru. Mereka menempati satu blok," kata Kadivpas Kanwil Kemenkum HAM Jabar Agus Toyib di Lapas Banceuy, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (26/4/2016). Tercatat sampai saat ini napi mendekam di Lapas Banceuy berjumlah hingga 794 orang. Pengurangan 140 napi yang dikirim ke Rutan Kebonwaru, tambah Agus, supaya kapasitas hunian penjara Lapas Banceuy yang semestinya untuk 600 orang ini tak mengalami overload."Memang harus ada pengurangan (jumlah napi). Selain itu kan mau ada renovasi (blok penjara). Jadi mereka (140 napi) dipindahkan permanen ke Rutan Kebonwaru. Sebagian dari mereka itu terindikasi ikut terlibat saat kerusuhan," lanjut Agus.

Sedangkan sisa napi yang mendekam di Lapas Banceuy, tambah Agus, menempati blok baru berkapasitas 420 orang yang bangunannya masih berada di area Lapas Banceuy. Enam bus angkut 140 napi Lapas Baceuy berangkat menuju ke Rutan Kebonwaru, Jalan Jakarta, Kota Bandung, sekitar pukul 17.00 WIB. Ratusan aparat dari kepolisian mengawal ketat rombongan bus itu. Jarak Lapas Baceuy ke Rutan Kebonwaru sekitar sembilan kilometer.Sementara itu memakai enam bus, sebanyak 140 narapidana narkotika 54 Banceuy tiba di Rutan Kebonwaru, Jalan Jakarta, sekitar pukul 17.30 WIB, Selasa (26/4/2016). Mereka bergilir masuk ke dalam rutan.

Pantauan dari lapangan,dari enam bus, hanya satu bus adalah bus khusus tahanan, sisanya bus pariwisata. Pada setiap bus, ada empat hingga lima polisi bersenjata lengkap. Napi diturunkan dari tiap bus dengan bertahap. Dengan tangan terborgol dan dijaga ketat, ketika masuk ke dalam rutan, napi dihitung.

Sumber:Detik.com

Foto: portalsatu.com