NASA Buka Lowongan Astronot Baru, Apa Saja Persyaratannya?
Ilustrasi: NASA

NASA Buka Lowongan Astronot Baru, Apa Saja Persyaratannya?

Jumat, 14 Feb 2020 | 09:00 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - NASA baru-baru ini mengumumkan akan membuka lowongan pekerjaan untuk posisi astronot. Sampai sekarang, NASA hanya punya sekitar 48 orang astronot. Rencana perekrutan ini dilakukan untuk memperluas misi luar angkasa berawak dalam beberapa tahu mendatang.

“Untuk para perempuan dan lelaki berbakat, kami akan merekrut untuk bergabung menjadi bagian dari tim astonot kami. Ini adalah waktu yang tepat dan luar biasa untuk menjadi bagian dari NASA,” ucap Jim Beidenstine, seorang administrator NASA lewat Twitter, Rabu (12/02).

Untuk bergabung menjadi astronot NASA, pertama, calon astronot harus merupakan warga negara Amerika Serikat. Syarat lainnya adalah memiliki gelar Master atau PhD dalam sains, teknik, atau matematika (STEM) atau pilot uji. Bagi yang memiliki gelar medis atau pengobatan osteopathic, juga diperbolehkan untuk mendaftar.

Sebelumnya, NASA telah menyeleksi sebanyak 18 ribu pelara dengan 11 calon astronot yang berhasil lolos pada Januari lalu.

Salah satu dari sebelas astronot itu adalah Jonny Kim, seoarang dokter darurat dan veteran dari 100 operasi tempur dengan pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat. Jonny juga memiliki gelar matematika dan doktor dalam bidang kedokteran dari Harvard University.

Melansir Science Alert, NASA berharap untuk meluluskan astronot generasi selanjutnya pada pertengahan 2021 mendatang. Para kandidat akan menjalani program pelatihan selama dua tahun di Johnson Space Center di Houston, Texas.

Pelatihan yang diberikan meliputi kelas robotik, sistem ISS, pengemudian jet pelatihan T-38, pelajaran bahasa Rusia, membangun blok untuk program Artemis, hingga spacewalking di Neutral Buoyancy Lab.

Jika beruntung, beberapa astronot baru yang akan bergabung dengan 500 orang lebih yang terlibat dalam program Artemis dan misi Mars tahun 2030-an. Periode pemalaran untuk astronot baru akan dimulai pada 2 Maret 2020 mendatang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...