NASA Mengumumkan Ada Air Di Mars

NASA Mengumumkan Ada Air Di Mars

 

Wingamers.com - NASA mengumumkan ada air di Mars. Kepastian ini didapat setelah ilmuwan di NASA menganalisis citra unik yang dipotret oleh kamera wahana Mars Reconaissance Orbitter (MRO). Citra itu menunjukkan adanya pola garis yang makin surut dan pola kipas pada tebing curam di kawasan lembah dan kawah Mars. Pola itu tanda adanya arus air yang menuruni lembah atau Recurring Slope Lineae (RSL).

Meski demikian, mereka belum bisa memastikan sumber air itu. Kemungkinan berasal dari es di bawah permukaan, atau sumber air asin di lapisan akuifer, atau merupakan hasil kondensasi atmosfer Mars yang tipis. Seperti dilansir dari The Guardian, Mars bukanlah planet yang kering seperti yang dikira sebelumnya.

Temuan ini juga didukung oleh temuan-temuan sebelumnya yang menemukan bahwa Mars basah pada masa lalu. Pada 1970-an, NASA memotret wilayah Mars yang diduga merupakan bekas sungai dan kawasan yang sebelumnya terletak di bawah perairan.

Temuan kali ini semakin menegaskan bahwa masih ada ketersediaan air di Mars. Hasil analisis kimia dengan teknik spektrometri (berbasis warna) menunjukkannya.

Lujendra Ojha dari Georgia Institute of Technology di Atlanta menggunakan spektronmetri untuk melihat pantulan sinar inframerah dari permukaan Mars saat pola garis mulai muncul dan saat berkembang sempurna. Hasilnya, ada molekul garam terhidrasi (telah berinteraksi dengan air) di permukaan Mars.