Nasdaq berakhir di rekor tertinggi untuk tiga sesi beruntun

Nasdaq berakhir di rekor tertinggi untuk tiga sesi beruntun

Wall Street menguat pada Senin (Selasa pagi WIB), dengan Nasdaq berakhir di rekor tertinggi untuk tiga sesi berturut-turut, didukung laba yang kuat dari pembuat mainan Hasbro dan emiten lainnya mengawali pekan sibuk laporan hasil kuartalan.

Indek komposit saham teknologi Nasdaq ditutup pada 5.218,86, naik 8,72 poin (0,17 persen), lapor AFP.

Dow Jones Industrial Average naik 13,96 poin (0,08 persen) menjadi berakhir di 18.100,41, sedangkan indeks berbasis lebih luas S&P 500 juga main mata dengan rekor tertingginya sebelum berakhir naik 1,64 poin (0,08 persen) menjadi 2.128,28, sekitar 2,5 poin di bawah rekor tertinggi yang diraihnya pada 21 Mei.

Hasbro melonjak 6,3 persen didorong kenaikan 25 persen pada laba kuartal kedua menjadi 41,8 juta dolar AS. Produk-produk populer termasuk permainan dan mainan lainnya yang berbasis di sekitar film "Jurassic World" dan berbagai superhero blockbuster Marvel.

Raksasa jasa minyak Halliburton naik 1,8 persen setelah melaporkan laba kuartal kedua 44 sen per saham, lebih baik daripada 29 sen yang para analis telah proyeksikan. Namun, laba bersihnya hanya 54 juta dolar AS akibat penurunan industri minyak bumi, anjlok dari 774 juta dolar AS pada tahun lalu.

Laporan-laporan laba yang akan dirilis pekan ini dari berbagai perusahaan, termasuk Apple, General Motors dan Boeing.

Beberapa saham teknologi besar yang menguat, termasuk Amazon naik 1,1 persen, Apple naik 1,9 persen, Facebook bertambah 3,1 persen dan Priceline meningkat 2,6 persen).

Saham-saham produsen minyak terkemuka AS, termasuk Apache jatuh 3,5 persen, EOG berkurang 3,2 persen dan Continental Resources jatuh 3,4 persen, akibat penurunan pada harga minyak dan gas alam. Anggota Dow ExxonMobil kehilangan 1,0 persen.

Lockheed Martin naik 2,0 persen karena mengumumkan mengakuisisi pembuat helikopter Sikorsky Aircraft ikonik dari United Technologies senilai sembilan miliar dolar AS. Sedangkan anggota Dow, United Technologies, turun 0,2 persen.

Perusahaan atap energi surya Vivint Solar melonjak 44,8 persen dipicu berita akan diakuisisi oleh SunEdison sebesar 2,2 miliar dolar AS. Saham SunEdison naik 0,3 persen.

Pembuat chip Micron Technology jatuh 6,1 persen karena skeptisisme tentang kemungkinan akuisisi perusahaan oleh Tsinghua Unigroup dari Tiongkok akibat ekspektasi pengawasan ketat oleh regulator AS atas kesepakatan tersebut.

Perusahaan pembayaran daring atau online PayPal Holdings naik 5,4 persen pada hari pertamanya, karena perusahaan berdiri bebas setelah dipisahkan dari eBay. Saham EBay naik 2,4 persen.

Harga obligasi jatuh. Imbak hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,38 persen dari 2,35 persen pada Jumat, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,10 persen dari 3,08 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah.

(cn)