NasDem Ingin Anies Baswedan Maju Pilpres 2024, Partai Apa Saja yang Ikut Serta?
Anies Baswedan (foto: sinarharapan.co)

NasDem Ingin Anies Baswedan Maju Pilpres 2024, Partai Apa Saja yang Ikut Serta?

Rabu, 6 Nov 2019 | 10:35 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Partai NasDem dikabarkan bakal mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke acara kongres partai yang akan digelar pada 8 November 2019 mendatang. Selain berstatus gubernur, NasDem mengundang Anies karena merupakan salah satu deklarator terbentuknya ormas tersebut.

Undangan itu disebut spesial karena akan membahas pencalonan Anies sebagai presiden di Pilpres 2024 mendatang. Namun keputusan partai besutan Surya Paloh untuk menjagokan Anies dinilai harus lebih dipertimbangkan secara matang. Hal ini disebabkan posisi Anies di partai politik masih terlihat abu-abu.

“NasDem masih punya PR besar jika hendak menggandeng Anies Baswedan. Status kepartaian Anies juga dinilai bermasalah meningat seberapa besar partai politik lain mau berokalisi,” kata Ubedilah Badrun, dikutip dari Okezone, Rabu (06/11).

image0
     Anies Baswedan dan Surya Paloh (foto: Beritagar)

Lebih lanjut, Ubedilah mengatakan bahwa pencalonan Anies pada Pilpres 2024 nantinya mungkin akan didukung oleh PKS. Namun, kedua partai tersebut tidak cukup untuk memenuhi syarat bila persyaratan presidential threshold masih diberlalukan pada Pilpres 2024 nanti.

“Jika presidential threshold tidak lagi digunakan, maka kandidat capres-cawapres mereka bisa ikut kontestasi. Problemnya apakah PKS mau berkoalisi dengan NasDem jika calon wapresnya bukan dari PKS. Itu bisa dibilang meripakan hal yang sulit,” jelasnya kemudian.

Pengsungan Anies, menurut Ubedilah, dirasa cukup majur kalau NasDem mampu melobi parpol-parpol lainnya seperti PAN dan Demokrat. Jika memang tiga partai tersebut mau bergabung mengangkat Anies, maka tiga partai besa lawan, PDIP, Golkar, dan Gerindra harus bersiap menerima manuver kuat dari koalisi yang digagas Surya Paloh tersebut.

“Peluang NasDem dan partai menengahnya memungkinkan menandingi bahkan memungkinkan mengalahkan koalisi tiga partai besar,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...