Nasi Jamblang khas Cirebon adalah Nasi dingin yang dibungkus daun jati

Liani
Jumat, 11 September 2015 15:29 WIB
Oleh Liani pada Jumat, 11 September 2015 15:29 WIB
Image Nasi Jamblang khas Cirebon adalah  Nasi dingin yang dibungkus daun jati

Nasi jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati. Porsinya kecil, hanya segepal tangan orang dewasa. Proses memasaknya sama seperti nasi biasa. "Bedanya, kalau nasi jamblang, diakul (diaduk) dulu pakai kipas sampai dingin, baru dibungkus daun jati.

Nasi jamblang memang disajikan saat dingin. Lauk pendampingnya terdiri dari tahu sayur, ikan asin, satai kentang, tempe, dan prekedel. Semua disajikan dingin. Di luar itu, juga menambahkan pepes, kerang, dan daging.

Nasi Jamblang Mang Dul terletak di Jl. Cipto Mangunkusumo No.4, Cirebon. Buka dari pukul 5 pagi hingga siang. Kemudian buka lagi sore hari sekitar pukul 5 sore hingga malam. Sebungkus nasi polos dihargai Rp 2.000, sedang untuk lauk pauknya dibuka dari harga Rp 1.000.

Karena disajikan saat dingin, nasi jamblang bisa bertahan hingga malam. Itulah sebabnya makanan ini dapat dipesan di Cirebon dan diantar ke Jakarta. Syaratnya, nasi dan lauknya harus dibungkus secara terpisah.

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Dubes RI Terima Penghargaan dari Asosiasi Pers Azerbaijan

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.