Nasib Buruk Taiwan, Habis Gempa Terbitlah Topan Lekima

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Nasib Buruk Taiwan, Habis Gempa Terbitlah Topan Lekima Ilustrasi badai. (Foto: detik.com)

Winnetnews.com - Belum lama diguncang gempa bermagnitudo 5,9 SR Kamis (8/8/2019), kini Taiwan diprediksi bakal diterpa badai dahsyat yang meningkatkan risiko longsor dan ombak tinggi.

Topan Lekima, yang dikategorikan dalam tingkat topan terkuat oleh biro cuaca Taiwan, diperkirakan akan mendekati lepas pantai timur laut pulau itu. Pejabat terkait mengatakan bahwa topan itu bergerak melintasi lautan ke arah utara-barat laut dengan kecepatan 15 km per jam.

"Lekima membawa angin dengan kecepatan maksimum 227 km per jam saat mendekati Taiwan," ungkap bir cuaca Taiwan, seperti dilansir okezone.com.

Biro cuaca mengeluarkan peringatan angin dan hujan untuk wilayah Taipei, kota pelabuhan utara Keelung dan kabupaten utara lainnya. Peringatan itu juga berlaku bagi pelaut di pantai selatan dan timur.

Sebelumnya, di hari yang sama, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 melanda pantai timur laut Taiwan, memicu peringatan tanah longsor. Di saat yang sama, biro cuaca memperkirakan curah hujan hingga di Taiwan akan mencapai 900 milimeter di pegunungan utara pulau itu.

"Gempa bumi melanda ketika kami membuat persiapan untuk menghadapi topan, yang merupakan peristiwa langka," kata Perdana Menteri Su Tseng-chang dalam pertemuan di pusat darurat nasional, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (8/8/2019). Dia mendesak pemerintah untuk tetap waspada ketika badai mendekat.

Gempa bumi tersebut membuat aliran listrik terputus dan menewaskan seorang perempuan yang tertimpa lemari.

Lebih dari 1.500 orang dievakuasi ke tempat yang aman, kebanyakan dari mereka turis di pulau-pulau di lepas pantai timurnya. Militer Taiwan juga mengerahkan pasukan di beberapa daerah di tengah kekhawatiran banjir.

Topan secara rutin menghantam Taiwan, China, Filipina, dan Jepang pada paruh kedua 2019, setelah mengumpulkan kekuatan dari perairan hangat Samudra Pasifik atau Laut China Selatan. Menurut biro cuaca Taiwan, Badai Lekima akan berlanjut ke China, mendekati kota Shanghai timur di akhir pekan.

Pada 2009, Topan Morakot meluluhlantakkan Taiwan, menewaskan hampir 700 orang, yang sebagian besar tewas akibat tanah longsor.

Apa Reaksi Kamu?