Nasib Rio Haryanto di F1 Belum Jelas

Nasib Rio Haryanto di F1 Belum Jelas

Senin, 6 Jun 2016 | 21:30 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Nasib pembalap Indonesia yang membela Manor Racing, Rio Haryanto, di ajang Formula 1 (F1) hingga sekarang belum jelas. Pihak Manor pun dikabarkan akan kembali datang ke Indonesia demi memastikan nasib Rio.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto. Gatot menyatakan perwakilan Manor sudah berangkat menuju Indonesia hari ini, Senin 6 Juni 2016.

"Langsung Abdoulla Boulsien (Direktur Grand Prix Manor) yang datang ke Indonesia. Sampai sekarang belum ada jadwal pertemuan dengan kami," kata Gatot.

"Kami belum tahu agenda mereka apa. Tapi, sepertinya memang mereka ingin mengetahui kepastian dukungan pemerintah terhadap Rio," lanjutnya.

Rio memang masih mengalami kesulitan dalam hal pendanaan. Hingga sekarang, pembalap berusia 23 tahun tersebut masih belum bisa melunasi uang 'pembelian kursi' ke Manor.

Rio diketahui masih kurang membayar dana sekitar €7 juta euro atau setara Rp106 miliar kepada Manor. Situasi ini membuat kiprah Rio di musim 2016 diperkirakan hanya sampai seri Inggris, 10 Juli 2016 mendatang.

"BUMN yang memberi bantuan tak mau sendiri. Mereka mau ada BUMN lain membantu. Jadi, semua akan diketahui pada acara buka bersama nanti. Pihak manajemen Rio datang, tapi sang pembalap tak hadir karena baru ke Indonesia pada Agustus 2016 nanti," ujar Gatot.

Berbagai program yang diluncurkan pemerintah sampai sekarang belum terbukti efektif membantu Rio keluar dari kesulitan. SMS dukungan untuk Rio contohnya. Hingga sekarang, dana yang terkumpul lewat program tersebut hanya Rp300 juta. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...