Skip to main content

Nasib Tito Ditentukan 28 Juni Nanti

Nasib Tito Ditentukan 28 Juni Nanti

WinNetNews.com - Keputusan persetujuan pencalonan Komjen Tito Karnavian sebagai Kapolri akan ditentukan oleh DPR pada 28 Juni 2016 dalam sidang paripurna. Dengan adanya pencalonan ini, Komisi III Bidang Hukum DPR ngebut membahas pencalonan Tito sebagi Kapolri berikutnya.

"Rencananya akan diumumkan di paripurna tanggal 28 Juni sebelum Libur Lebaran," kata Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, Kamis (16/6/2016).

Hari ini, DPR akan membahas surat Presiden Joko Widodo yang mengajukan Tito Karnavian sebagai calon tunggal kapolri dalam badan musyawarah (bamus). Kemudian pukul 13.00 WIB, DPR langsung menggelar sidang paripurna untuk menetapkan jadwal uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilakukan Komisi III terhadap Tito.

"Saya yakin tidak ada resistensi yang berarti terhadap pencalonan Tito, karena dilihat dari kemampuan beliau," ujar Bamsoet.

Sebelumnya, Jokowi telah mengirimkan surat permohonan persetujuan calon Kapolri kepada DPR kemarin. Hanya ada satu nama yang diajukan Jokowi, yaitu Komjen Tito Karnavian.

Juru Bicara Presiden Johan Budi menjelaskan, proses pergantian Kapolri yang dilakukan Presiden Jokowi merujuk pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI. Penunjukan calon Kapolri sepenuhnya menjadi wewenang dan hak prerogatif Presiden.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top