NATO Memprotes Pelanggaran Rusia

NATO Memprotes Pelanggaran Rusia

WinNetNews.com - NATO memprotes pelanggaran Rusia. Seperti dilansir The Guardian, radar Turki, salah satu negara anggota NATO menangkap pelanggaran pesawat Rusia di udara Turki ketika Rusia sedang membom Suriah.

Baca juga: Kepentingan Negara Teluk Dihambat Rusia

Dutabesar 28 negara anggota NATO langsung mengadakan sidang darurat di Brussel untuk merespon pelanggaran Rusia ini. "NATO ingin Rusia untuk bisa menahan diri," dalam pernyataan resmi NATO sesudah rapat. Rusia sendiri mengatakan hanya sebentar ada di udara Turki dan itu karena cuaca buruk.

Turki memanggil duta besar Rusia dan memprotes pelanggaran ini. Turki ingin hal ini tak terjadi lagi setelah memberikan nota protes resmi. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan, ada di Brussel untuk membicarakan masalah Suriah dengan pemimpin Eropa lainnya.

Baca juga: Apa Yang Diinginkan Rusia Di Suriah?

Perdana Mentri Turki, Ahmet Davutoğlu, mengatakan bahwa intervensi Rusia jika berlanjut malah akan memperparah konflik yang ada. Mentri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry bahkan mengatakan bahwa bukan tidak mungkin jika pelanggaran terjadi maka pesawat Rusia itu akan ditembak Turki.

Militer Turki juga mengatakan bahwa dua jet MiG-29 Rusia mengganggu kerja F-16 milik Turki selama lima menit ketika Turki sedang patroli di wilayah udara mereka.