Natuna Memanas, TNI Siagakan Jet Tempur di Jambi

Natuna Memanas, TNI Siagakan Jet Tempur di Jambi

Kamis, 24 Mar 2016 | 10:25 | Redaksi WinNetNews
Winnetnews.com – Gesekan yang terjadi antara kapal penjaga pantai Tiongkok dengan kapal KKP di Kepulauan Natuna, membuat hubungan antara pemerintah Indonesia dan pemerintah China memanas, langkah keras pun diambil pemerintah Indonesia dalam melindungi kedaultan wilayah NKRI.

Beberapa instansi terkait seperti Kementerian luar negeri pun langsung melayangkan nota protes keras melalui perwakilan negaranya di Indonesia. Tak hanya itu, langkah lebih nyata pun diambil oleh Menteri Susi Pudjiastuti yang mengancam akan membawa kasus tersebut ke ranah Mahkamah Internasional.

Gesekan yang terjadi di wilayah ZEE Indonesia ini pun langsung di respon oleh pihak TNI dengan menerbangkan beberapa jet tempur yang terbang rendah untuk melakukan patroli di sekitar wilayah gesekan.

Dilansir dari liputan 6, kemunculan pesawat jet tempur dalam dua hari ini bukanlah sekali atau dua kali8. Ia pun melihat pesawat tempur tersebut terus melintas terbang rendah menyusuri lautan.

Sementara itu, meski belum ada keterangan resmi, tetapi Komandan Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (RSN), Pekan Baru, Riau, Marsama Hendri Alfiandri mengaku menyiagakan seluruh pesawat tempur yang berada di bawah kendalinya untuk menyingkapi gesekan di Laut China Selatan yang berbatasan dengan Kepulauan Natuna.

Tak hanya itu, ia juga menyatakan semua pesawat di Lanud Roemin, baik Hawk ataupun F-16, mampu mencapai kawasan perbatasan laut di Natuna. Lanud Roesmin mempunyai tiga skuadron udara. Satu di antaranya skuadron teknik dengan kekuatan pesawat Hawk dan F-16.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...