Nawarin Pekerjaan Malah Diborgol! Lho, Kok, Bisa?
Pelaku penipuan dengan modus menjanjikan pekerjaan, IK/Dokumentasi Polsek Soko

Nawarin Pekerjaan Malah Diborgol! Lho, Kok, Bisa?

Rabu, 10 Mei 2017 | 09:26 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Aksi penipuan dengan iming-iming mampu memberikan pekerjaan di satu instansi tertentu masih saja terjadi. Terbaru, kali ini, oknum honorer Dinas Perhubungan Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tersangka berinisial IK (30), ditangkap petugas Polsek Sako Palembang, karena meminta uang Rp. 8 juta pada setiap korbannya jika ingin bekerja sebagai honorer di dinas itu.

Salah satu korbannya adalah DR (26), warga Kebun Bunga Sukarame Palembang. Pria asal Ogan Ilir ini terperdaya dengan janji manis tersangka. Padahal awal perkenalan keduanya hanya lewat media sosial Facebook pada awal Maret lalu. Merasa satu sama lain sudah cukup dekat, IK pun melancarkan aksinya dengan modus menawarkan pekerjaan. Tapi syaratnya korban ini harus menyiapkan sejumlah uang Rp 8 juta.

“Uang itu pun diserahkan korban pada 15 Maret lalu di Terminal Sako Palembang,” kata Kapolsek Sako Palembang, Kompol A Firdaus, Selasa (10/05/2017).

Dari hasil penyidikan petugas, tambah Firdaus, diketahui bahwa korban penipuan IK ini bukan hanya satu orang saja. Masih ada tiga korban lain yang juga ikut tertipu dengan rata-rata mahar yang diminta sebesar Rp. 7-8 juta setiap orangnya.

“Tersangka ini kerap menghilang dan selalu menghindar, makanya korban membuat laporan ke kita,” jelasnya.

Atas perbuatannya itu, dikutip dari keterangan resmi, IK akan dikenakan Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan, dengan ancaman penjara maksimal 4 tahun.

“Kita menghimbau pada masyarakat yang mencari pekerjaan, ikut aturan yang berlaku. Sekarang sudah tidak ada lagi pungli dan suap dalam penerimaan pegawai dan jika masih ada, silahkan lapor ke petugas. Jadi, jangan mudah terbuai bujuk rayu,” pungkas Firdaus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...