(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Negara Yang Waktu Puasa Ramadhan Lebih Lama Setiap Hari

Rusmanto
Rusmanto

Negara Yang Waktu Puasa Ramadhan Lebih Lama Setiap Hari
WinNetNews.com - Puasa Ramadhan seperti yang sudah kita ketahui bersama wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di belahan bumi manapun. Termasuk di dalamnya tentu saja Indonesia. Pada dasarnya, menurut yang terdapat dalam beberapa referensi Islam, diketahui bahwa waktu untuk berpuasa itu adalah mulai dari terbit fajar dan hingga terbenam matahari. Kalau di Indonesia tentu saja kejadiannya memang normal yakni antara 12 hingga 13 jam saja. Namun, bagaimana dengan di negara lain?

Ternyata ada beberapa negara waktu puasa yang mereka laksanakan justru lebih lama. Bahkan ada yang sampai melaksanakan puasa hingga 21 jam setiap harinya selama bulan Ramadhan. Negara-negara yang memiliki rentang waktu puasa yang lama di bulan Ramadhan antara lain sebagai berikut:

Belanda

Di negara ini, warga muslimnya berpuasa hingga 18 jam sehari di bulan Ramadhan. Seperti diketahui, Belanda adalah negara yang jumlah pemeluk Agama Islam merupakan jumlah terbesar kedua selain Kristen. Jumlah penduduk muslim di negara ini sendiri hampir 4 persen dari keseluruhan warga negara Kincir Angin tersebut. Adapun persebaran umat Islam di Belanda antara lain di Amsterdam, Rotterdam, Hague, dan Utrecht. Dan kebanyakan dari mereka adalah penduduk yang berasal dari negara Turki, Maroko, Pakistan, Suriname, dan Afrika.

Islandia

Di negara ini, memang agama Islam merupakan agama yang minoritas. Dimana hanya ada sekitar 770 orang muslim yang ada di negara tersebut. Dari data yang diperoleh tahun 2013 diketahui jumlah penduduk muslim hanya berkisar antara 0,24 persen dari keseluruh warga Islandia. Jika Ramadhan tiba para penduduk muslim di negara ini pun harus berpuasa sekitar 20 jam sehari.

 

Norwegia

Di negara ini, penduduk muslimnya berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan di Islandia setidaknya dari persentase jumlah penduduk muslim dibanding penduduk keseluruhan yakni 2,4 persen. Jumlah ini sendiri termasuk jumlah terbesar kedua setelah pemeluk agama kristen. Kebanyakan dari muslim disana termasuk Islam Sunni yang tersebar di kota Oslo dan Arkeshus. Sementara untuk Ramadhan para muslim di Norwegia pun harus berpuasa sekitar 20 jam yang menjadi jarak antara adzan Subuh dan Magrib.

Swedia

Para pemeluk agama Islam di negara ini menurut data yang diambil di tahun 2009 berjumlah 106 ribu jiwa. Namun, dari data lain disebutkan pula bahwa jumlahnya sekitar 500ribu jiwa atau sekitar 5 persen dari jumlah penduduk keseluruhan negara ini. Di negara ini, puasa yang harus dilaksanakan adalah sekitar 20 jam.

Denmark

Puasa dengan waktu yang paling lama adalah di negara ini yakni sekitar 21 jam perharinya. Jika dikalkulasikan, angkanya cuma berjarak 3 jam untuk kemudian puasa lagi. Di negara ini sendiri, Islam merupakan salah satu agama minoritas kedua setelah Kristen, dengan jumlah penduduk muslim mencapai 270 ribu atau sekitar 3,7 persen dari jumlah penduduk negara ini yang totalnya adalah 5,6 juta jiwa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});