Nelayan didorong manfaatkan potensi kepulauan natuna

Rike
Minggu, 31 Juli 2016 17:00 WIB
Oleh Rike pada Minggu, 31 Juli 2016 17:00 WIB
Image Nelayan didorong manfaatkan potensi kepulauan natuna

WinNetNews.com-Nelayan tradisional di Provinsi Sumatra Utara diharapkan dapat pindah memanfaatkan potensi sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Nelayan kecil di Sumatera Utara rugi rasanya kalau tidak memanfaatkan dengan baik kekayaan laut yang terdapat di Natuna,"ungkap Sekretaris DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut, Pendi Pohan di Medan, Sabtu (30/7). Oleh sebab itu, lanjutnya, nelayan Sumut yang berminat pindah ke Natuna menangkap ikan dan sangat didukung, juga disambut baik supaya kehidupan mereka yang selama ini yang memprihatinkan berubah jadi baik."Pengurus HNSI Sumut akan bermohon kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat kiranya mengirimkan nelayan dari daerah itu bisa menangkap ikan di perairan Natuna," terang Pendi.

Ia menambahkan, KKP pun sudah banyak mengirimkan nelayan yang berasal dari Pantai Utara Jawa (Pantura) ke Natuna, kini kehidupan dan perekonomian mereka lumayan. "Nelayan dari Pulau Jawa yang sangat jauh itu, memiliki minat cukup tinggi untuk hidup di Natuna, dan kenapa nelayan Sumut tidak mau mengikuti jejak tersebut," ucapnya. Padahal, jelasnya, Natuna itu berada di Pulau Sumatra dan tak jauh dari Provinsi Sumut. "Pemerintah pusat juga berencana membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) bagi nelayan yang tinggal di Natuna," jelasnya.

Menurut Pendi, penempatan nelayan di Natuna, supaya nelayan asing dari berbagai negara, tak lagi melakukan pencurian ikan di daerah itu.Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengirim banyak nelayan guna memanfaatkan potensi sektor kelautan dan perikanan di kawasan perairan Natuna yang nilai ekonominya diperkirakan mencapai 400 ribu ton per tahun. "Sekarang sudah banyak nelayan dari Pantura Jawa menangkap ikan di sana," ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, Selasa.

Minyak Zaitun Cegah Keriput dan Garis Halus
Trump Kecam Uni Eropa Terkait Denda untuk Google

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.