Nelayan WNI Berhasil Kabur dari Kelompok Abu Sayyaf

Nelayan WNI Berhasil Kabur dari Kelompok Abu Sayyaf

Rabu, 17 Agt 2016 | 17:19 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Seorang nelayan bernama Muhammad Sofyan berhasil melarikan diri dari kelompok bersenjata Abu Sayyaf, Rabu (17/8/2016). Ia melarikan diri dengan cara berenang. Sofyan kabur lantaran dirinya diancam oleh Abu Sayyaf akan memenggal kepalanya.

Sofyan diculik Abu Sayyaf di perairan Filipina sejak 23 Juni lalu beserta enam WNI lainnya dari kapal mereka, TB Charles. Ia berhasil diselamatkan oleh warga ketika Sofyan tenga berenang.

"Kami diberitahu bahwa dia berhasil kabur dengan berlari dan berenang ke laut," ujar juru bicara militer Filipina, Mayor Filemon Tan.

Terkait bebasnya WNI tersebut, Menlu Retno LP Marsudi langsung mengontak Menlu Filipina pada pukul 13.00 WIB tadi.

"Sejak pagi ini kami sudah mendapatkan informasi mengenai bebasnya 1 orang WNI ABK TB Charles a.n. Muhamad Sofyan yang disandera di Filipina Selatan. Kami langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia & Bantuan Hukum Indonesia (PWNI & BHI) Kemlu Lalu Muhammad Iqbal.

"Pukul 13.00 hari ini Menlu RI sudah berkomunikasi dengan Menlu Filipina dan memperoleh konfirmasi mengenai bebasnya 1 orang sandera tersebut. Saat ini Muhammad Sofyan sudah berada di tangan Kepolisian Sulu," lanjutnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...