Nenek Penjual Canang ini Ditipu Pakai Uang Mainan oleh Pembeli
Foto: Merdeka.com

Nenek Penjual Canang ini Ditipu Pakai Uang Mainan oleh Pembeli

Selasa, 14 Jan 2020 | 12:07 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Sebuah kisah menyedihkan datang dari sepasang kakek dan nenek di Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali. Nenek bernama Gusti Ayu Made Suini (79), menjadi korban penipuan saat ia berjualan canang atau sesajen untuk sembahyang umat Hindu.

Saat itu, nenek yang sudah mengalami keterbatasan fisik untuk melihat dengan jelas, ditipu oleh orang yang membeli dagangan nenek Gusti Ayu Made Suini dengan menggunakan uang mainan sebesar Rp20 ribu.

Kisah ini pun kemudian menjadi viral setelah dibagikan di media sosial oleh salah seorang relawan di Bali, bernama Andy Karyasa Wayan. Dia menjelaskan kalau ada seorang warga yang membeli sesajen sebesar Rp15 ribu dengan menggunakan uang mainan Rp20.000.

“Mungkin buat kita uang Rp20 ribu tidak besar. Tapi untuk si nenek uang tersebut sangat berarti,” kata Andy Karyasa Wayan, seperti dikutip dari Merdeka.com.

image0

Ketika proses jual beli ini terjadi, nenek Gusti Ayu Made Suini sama sekali tidak merasa curiga ketika menerima uang mainan tersebut. Dia pun memberikan uang kembalian kepada penipunya itu sebesar Rp5.000. Padahal, setiap harinya nenek ini hanya mendapatkan penghasilan paling banyak sebesar Rp50 ribu.

“Nenek memang berasal dari keluarga kurang mampu. Jualan canang adalah mata pencarian nenek untuk sekadar bisa makan bersama keluarganya,” tambahnya.

Kejadian ini membuat nenek Gusti Ayu Made Suini menjadi trauma dan sempat tidak ingin berjualan lagi. Namun, setelah dibujuk dan diberikan semangat, pada Minggu (12/01), nenek ini kembali berjualan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...