Nestapa Pengungsi Suriah 'Dipaksa Pindah' dari Turki
Sejumlah pengungsi Suriah yang ada di Turki menunggu bus atas perintah otoritas Turki. (Foto: BBC)

Nestapa Pengungsi Suriah 'Dipaksa Pindah' dari Turki

Rabu, 21 Agt 2019 | 11:00 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Otoritas Turki berencana memindahkan paksa ribuan pengungsi Suriah yang tak terdaftar agar segera meninggalkan Istanbul dengan batas waktu hingga Selasa (21/8/2019) malam waktu setempat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan terhadap Kota Istanbul.

Menguitip Detik.com, beberapa migran Suriah mengatakan banyak dari mereka yang dideportasi ke Idlib di Suriah, di mana peperangan masih berlangsung sengit. Mereka menuturkan, banyak yang dipaksa menandatangani dokumen untuk dipindahkan secara sukarela, padahal mereka tak bisa membaca atau tak mengerti dokumen itu.

Perintah untuk pindah diumumkan akhir Juli, yang memberi mereka waktu sebulan untuk pindah. Sekitar setengah juta orang Suriah terdaftar di Istanbul, tetapi menurut perkiraan yang tinggal di sana dua kali lipatnya, berasal dari provinsi-provinsi lain tempat mereka didaftar ketika masuk ke Turki.

Gubernur Istanbul mengatakan orang Suriah yang berhak untuk berada di Istanbul harus membawa paspor dan dokumen identitas mereka setiap saat. Ia juga mengumumkan adanya pengecekan di stasiun bus dan kereta.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...