New York akan Dirikan Museum Hip Hop Pertama di Dunia
Foto: Huffpost

New York akan Dirikan Museum Hip Hop Pertama di Dunia

Selasa, 24 Des 2019 | 07:41 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Musik Hip Hop memang memiliki banyak penggemar dan tidak kalah dengan genre musik lain, seperti Pop ataupun Rock. Baru-baru ini diketahui kalau negara bagian New York telah menerima modal sebesar 3,5 juta Dolar Amerika untuk mendirikan museum Hip Hop pertama di dunia. Informasi ini diberitahukan langsung oleh Gubernur New York, Andrew Cuomo, pada Kamis (18/12) lalu.

Museum yang akan dinamai dengan 'Universal Hip Hop Museum' ini dijadwalkan akan dibuka untuk umum di selatan Bronx pada 2023 mendatang. Perkiraan dana yang akan digelontorkan demi pembangunan ini sebesar 80 juta Dolar Amerika atau sekitar Rp. 1,1 triliun. Daerah Borough atau 'Boogie Down' Bronx, memang sering dianggap sebagai lokasi kelahiran musik Hip Hop ini.

Dilansir dari The New York Post, museum itu telah melakukan kerjasama dengan Microsoft dan Massachusetts Institute of Technology, serta rapper Nas dan LL Cool J.

Rencana pembangunan museum ini bukanlah pertama kali diusulkan. Se belumnya pada tahun 2006 silam, rencana serupa juga pernah diinformasikan. Selain itu pada 2012 yang lalu, produser, disc jockey, dan rapper Afrika Bambaataa juga pernah mengusulkan hal serupa.

Akan tetapi, adanya pemberian dana jutaan dolar seperti saat ini semakin memperkuat bahwa museum yang selama ini diidam-idamkan akan segera terwujud.

Direktur museum, Rocky Bucano berharap kalau museum yang direncanakan akan dibangun di tengah kawasan Bronx Point ini akan mendatangkan turis dan menambah pendapatan bagi wilayah Bronx dan New York.

"Museum ini adalah bagian dari kebangkitan Bronx. Bronx akan kembali. Museum ini tentang masyarakat dan untuk masyarakat," ujar Bucano seperti dikutip dari NME.

'Universal Hip Hop Museum' akan memiliki luas 50 ribu kaki persegi di Bronx Point, sebuah proyek perumahan dan ritel yang didirikan di utara Jembatan 145th Street di sepanjang Sungai Harlem, Bronx.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...