Ngemil Alpukat Sebelum Makan Siang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Ngemil Alpukat Sebelum Makan Siang Bermanfaat Bagi Kesehatan ilustrasi
Winnetnews.com - Demi menjaga atau menurunkan berat badan, banyak orang yang sengaja menjadikan alpukat sebagai camilan. Buah yang mengenyangkan ini bisa dikonsumsi sebelum jam makan siang tiba. Pakar kesehatan menyebut ada manfaat tak terduga yang bisa didapatkan jika kita rutin melakukannya.

Dampak Ngemil Alpukat Sebelum Jam Makan Siang

Berdasarkan National Health System (NHS) Inggris, disebutkan bahwa rutin ngemil alpukat sebelum jam makan siang bisa mencegah datangnya diabetes tipe 2. Hal ini juga bisa membantu penderita diabetes menjaga kondisi kesehatannya sehingga tidak akan mudah terkena komplikasi.

Sebagai informasi, jika penderita diabetes kesulitan mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya, akan lebih rentan terkena masalah kesehatan pada mata, saraf, jantung, dan organ lainnya.

Beruntung, pakar kesehatan menyebut alpukat mampu mengendalikan kadar gula darah baik itu pada orang normal atau orang yang sudah menderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa di dalamnya yang bisa meningkatkan fungsi pankreas, organ yang memproduksi hormon insulin yang mengendalikan kadar gula darah.

Dr. Sarah Brewer dari University of Guelph yang melakukan penelitian ini menemukan fakta bahwa alpukat bisa memberikan perlindungan pada penderita diabetes tipe 2 dengan cara menghambat metabolisme sel-sel tidak normal yang bisa berujung pada datangnya komplikasi. Hal ini juga akan menurunkan resistensi insulin di dalam pankreas.

Meskipun tinggi asupan kalori, alpukat cenderung rendah gula dan tidak memiliki indeks glikemik tinggi. Kandungan protein di dalamnya yang sangat kaya juga baik bagi kesehatan tubuh.

“Jangan takut untuk makan alpukat. Rutin mengonsumsinya tidak akan meningkatkan berat badan, namun justru bisa membantu menurunkannya,” ucap dr. Brewer.

Dia menyarankan siapa saja untuk makan alpukat sebelum jam makan siang tiba demi membantu mengendalikan rasa lapar dan kenyang, mengendalikan kadar gula darah dan berat badan, yang akhirnya berimbas pada menurunnya risiko diabetes atau komplikasi akibat penyakit ini.

Apa Reaksi Kamu?