Ngeri! Polisi Inggris Bongkar Kasus 39 Jasad Manusia Dalam Truk
Polisi Inggris temukan 39 jasad manusia dalam truk putih. [Foto: Reuters]

Ngeri! Polisi Inggris Bongkar Kasus 39 Jasad Manusia Dalam Truk

Kamis, 24 Okt 2019 | 09:01 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Sebanyak 39 jasad manusia diduga asal Bulgaria ditemukan pihak kepolisian di dalam truk di kawasan industri berjarak 32 kilometer arah timur London, Grays.

Polisi Inggris yang menyelidiki kasus tersebut telah menahan supir yang diketahui berusia 25 tahun berasal dari Irlandia Utara. Supir tersebut membawa 38 mayat orang dewasa dan satu mayat remaja untuk memasuki Inggris menuju Holyhead di Pelabuhan Norht Wales.

Dilansir dari Tempo.co, Wakil Kepala Polisi Essex, Constable Pippa Mills menyaakan kematian 39 manusia itu sebagai sebuah tragedi, sebagaimana dilaporkan ABC.net.au.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan dia terkejut dengan pemberitaan tentang penemuan 39 jasad manusia dalam truk. Dia menyebut kematian mereka terkait dengan perdagangan manusia.

"Kita tahu bahwa perdagangan sedang berlangsung. Semua pelaku perdagangan manusia seperti itu harus diburu dan dibawa ke pengadilan, " kata Johnson sebagaimana dilaporkan Reuters, Rabu (23/10).

Pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn mengatakan penemuan 39 jasad manusia dalam truk merupakan tragedi kemanusiaan yang tak dapat dipercaya yang membutuhkan jawaban.

"Dapatkah kita memikirkan sejenak seperti apa rasanya 39 orang itu, jelas dalam situasi putus asa dan berbahaya, hidup mereka berakhir, tewas dalam kontainer," kata Corbin.

Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar mengatakan aparat berwenang Irlandia akan melakukan investigasi jika truk itu melewati Irlandia. Diduga rute truk itu berawal dari Bulgaria melintasi Irlandia dan kemudian ke Inggris.

Proses penyelidikan identitas 39 korban diperkirakan akan berlanngsung lama. Polisi Inggris akan menjadikan kasus ini sebagai prioritas utama untuk diselidiki.

Menurut laporan Reuters, selama bertahun-tahun imigran ilegal berusaha masuk Inggris dengan berbagai cara yang berbahaya.

Tragedi imigran ilegal pada tahun 2000 menyisakan pertanyaan ketika pejabat bea cukai menemukan jasad 58 orang Cina dijejalkan ke dalam truk pengangkut tomat di pelabuhan Dover di selatan Inggris.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...