Nggak Dapat Ijin Ngekos? Coba deh Cara Ini Buat Luluhkan Hati Ortu

Nggak Dapat Ijin Ngekos? Coba deh Cara Ini Buat Luluhkan Hati Ortu

Winnetnews.com – Biasanya nih begitu lulus dari SMA pasti kamu pengin banget dong kuliah yang jauh dari ortu alias jadi anak kost. Memang positifnya jadi anak kost dapat melatih kamu hidup mandiri, tapi negatifnya kamu bisa kebablasan karena nggak ada yang ngontrol kamu.

Nah biasanya, orang tua tuh nggak mau anaknya ngekost takut terbawa kehidupan bebas. Sehingga tak jarang banyak orang tua yang melarang. Tapi coba deh cara ini biar kamu dapat luluhkan hati ortu:

1. Ngekos Berdua

Kadang kan gak diijinin ngekos itu bukan karena apa-apa tapi karena orang tua kamu terlalu khawatir, gimana nanti kalo ada apa-apa? Kalo ada sesuatu nanti kamu minta tolong sama siapa? Nah daripada bikin orang tua cemas lebih baik kamu berdua dulu ngekosnya sama siapa kek gitu. Terus kamu yakinkan sama orang tua kamu deh kamu tuh kalo berdua ngekosnya bisa saling menjaga dan gak akan kesepian juga. Biasanya sih jadi boleh ngekos.

2. Bangun Citra

Bangun citra itu penting banget Jadi kalo kamu udah tau nih beberapa bulan lagi kamu akan harus ngekos, nah selama sebelum hari H itu kamu jangan macem-macem. Jangan berbuat sesuatu yang bikin orang tua kamu ngungkit-ngungkit kesalahan kamu yang bikin kamu jadi gak diijinin ngekos. Pokoknya baek-baek dulu deh jadi anak, jangan nyusahin mulu. Biar kamu dipercaya buat hidup sendiri nantinya.

3. Ajak ke Lingkungan Kosan yang Kamu Inginkan

Kosan biasa kok, bukan kosan yang bebas banget. Orang tua pasti cemas deh kalo kamu tuh gak ada di sekitar mereka. Gak bisa mereka awasi. Nah makanya untuk mengurangi kecemasan mereka kamu tunjukkin aja dulu di lingkungan seperti apa kamu akan tinggal.

Setidaknya jangan pilih lingkungan yang terlihat serem dan rawan. Pilih yang bikin ortu kamu setuju kalo kamu akan tinggal di situ.

4. Janji Akan Sering Pulang

Iya janji bakalan sering pulang...Nah biasanya juga sih ortu nggak ngebolehin ngekos karena mereka takut kangen. Iya lah, namanya sama anak sendiri. Makanya kamu janji aja akan sering-sering pulang ke rumah. Jangan keasikan di perantauan sampe empat tahun kamu gak pulang-pulang.

5. Kasih Pengertian Tentang Efisiensi Waktu

Sebenernya meskipun kamu cuma duduk doang di bis atau di kereta, tetep aja cape tau. Coba hitung waktu yang dihabiskan untuk perjalanan. Misalnya kamu butuh waktu satu jam dari rumah menuju stasiun, satu jam naik kereta, dan satu jam lagi dari stasiun ke kampus. Total udah tiga jam. Estimasi kejadian gak terduga di jalanan, setengah jam lah. Udah tiga setengah jam. Itu juga baru satu balik. Kalo bolak balik, udah tujuh jam aja kamu di jalan.