Ngidam Saat Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Ngidam Saat Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Selasa, 4 Jun 2019 | 08:43 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu fenomena unik yang sering dialami oleh banyak ibu hamil adalah ngidam. Ngidam adalah suatu kondisi yang diindentikan dengan pemenuhan keinginan ibu hamil, mulai dari makanan, minuman, benda-benda, hingga melakukan aktivitas tertentu. Lantas, apa penyebab ngidam saat hamil?

Penyebab Ngidam saat Hamil

Pada dasarnya, penyebab ngidam pada ibu hamil tidak bisa dijelaskan secara pasti. Beberapa teori mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa terjadi akibat perubahan hormonal, yang membuat indra perasa dan penciuman menjadi lebih sensitif.

Teori lain mengungkapkan, penyebab ngidam timbul akibat tubuh ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi. Misalnya, ketika ibu hamil mengidam burger atau daging-dagingan, bisa saja ini pertanda tubuhnya kekurangan natrium, kalium, atau protein. Ngidam yang dimaksud di sini bukan makanannya tetapi nutrisi yang ada di dalamnya.

Berikut ini adalah penyebab ngidam yang harus Anda kenali, di antaranya:

1. Tubuh kekurangan gizi

Seperti penjelasan sebelumnya, karena ngidam adalah sebuah tanda tubuh membutuhkan nutrisi tertentu, maka dari itu yang harus dipahami adalah wanita hamil membutuhkan gizi lebih banyak dibanding dengan wanita yang tidak hamil.

Ketika wanita hamil sedang kekurangan zat besi, maka dia akan ngidam makanan atau minuman yang mengandung zat besi. Namun, ada juga wanita hamil yang sedang kekurangan vitamin tapi justru mengidam es krim. Ngidam di sini tidak ada kaitannya antara nutrisi yang dibutuhkan dengan makanan yang diinginkan.

Selain ngidam makanan atau minuman tertentu, ibu hamil juga bisa menginginkan barang-barang yang tidak terkait dengan makanan.

2. Perubahan hormon

Penyebab ngidam yang paling umum pada wanita hamil karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon ini juga bisa memengaruhi bau dan rasa pada makanan, sehingga membuat wanita hamil tidak menyukai makanan yang mereka sukai sebelumnya, atau bahkan sebaliknya. Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan gejala mual dan muntah tapi hanya saat menginjak usia kehamilan 2 bulan saja.

Peningkatan kadar hormon-hormon kehamilan seperti progesteron dan human Chorionic Gonadotropin (hCG) ternyata memiliki peran menjadi penyebab ngidam.

3. Perubahan emosi

Penyebab ngidam berikutnya adalah terjadinya perubahan emosi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan yang kumuh, penghasilan rendah, atau karena kondisi emosi yang sangat labil. Wanita hamil membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman. Sehingga, jika mengalami kondisi buruk hal itu akan membuatnya mengalami ngidam.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...