Nih Asal Usul Nama Jajanan Coklat yang Fenomenal, dari Toblerone sampai Snickers

Nih Asal Usul Nama Jajanan Coklat yang Fenomenal, dari Toblerone sampai Snickers

Winnetnews.com - Suka cokelat Toblerone atau Hershey's? Tak sekedar diberi nama, produk cokelat yang dikenal global itu punya cerita dibalik namanya.

Kebanyakan orang mudah mengingat nama brand cokelat daripada sejarah terciptanya cokelat tersebut. Padahal banyak produk cokelat di dunia punya cerita unik di balik namanya. Seperti nama beberapa brand cokelat dunia yang diungkap oleh food.ndtv.com (19/9).

Bournville

Pertama, dimulai dari dark chocolate yang sudah ada dari tahun 1908, Cadbury Bournville. Cokelat ini berasal dari negara Venezuela dan merupakan ide kreatif yang berasal dari Richard dan George bersaudara yang memindahkan pabriknya ke Birmingham, Inggris pada tahun 1879.

'The Cadbury Brothers' menamakannya 'Bournville' setelah mereka tahu sungai yang berada di dekatnya bernama Bourn dan menambahkan kata 'Ville' di belakanganya sebagai kosa kata Prancis.

Toblerone

Sudah ada sejak 100 tahun yang lalu, cita rasa Toblerone tidak pernah terganti. Diciptakan oleh Theodor Tobler, cokelat ini dicampur oleh Almonds, Nougat, Madu, dan cokelat serta beberapa resep rahasia lainnya.

Dengan bentuk segitiga, cokelat tersebut terinspirasi dari Gunung Matterhorn yang terletak di Switzerland. Nama Toblerone merupakan konjungsi dari antara nama belakang Theodor Tobler dengan kosa kata Italia untuk nougat - torrone, digabung menjadi Toblerone.

Snickers

Tahun 1930 Snickers merupakan nama kuda yang dimiliki oleh keluarga Mars Inc. Mars Inc.merupakan perusahaan pembuat cokelat. Beberapa tahun kemudian, nama cokelat ini berubah menjadi 'Marathon' di United Kingdom dan Irlandia hingga tahun 1990. Kemudian Mars Inc. memutuskan untuk mengubah nama cokelatnya lagi menjadi 'Snickers'. Cokelat berbentuk persegi panjang itu berisi Nougat, kacang-kacangan dan saus karamel.

Twix

Twix sudah ada dari tahun 1967 dan menjadi salah satu produk Mars Inc. Nama 'Twix' berasa dari perpaduan dari dua kata yaitu 'mix' dan 'twin'. Karena coklat ini memiliki dua bar dalam satu kemasan dan di gabung oleh berbagai bahan-bahan yang dipakai seperti cokelat, biskuit dan juga saus karamel.

Ferrero Rocher

Cokelat yang paling populer dengan bola hazelnutnya merupakan cokelat yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982. Ferrero juga diambil dari nama belakang pencetusnya, yaitu Michele Ferrero dan Rocher. Produksi cokelat ini juga sangat dijaga keketatan dari proses pembuatannya. Karyawannya pun dilarang untuk membawa ponsel hingga buku catatan sekalipun.

Hershey’s Kisses

Brand coklat ini diproduksi oleh perusahaan Hershey. Ukuran yang sangat lucu dan bentuknya berbeda dari cokelat lainnya. Cokelat Hershey's Kisses memiliki bentuk seperti air mata. Pertama diperkenalkan pada tahun 1907. Selain itu, cokelat ini diberikan nama 'Kisses' di belakangnya karena saat proses pembuatan mesin tersebut mengeluarkan suara menyerupai 'ciuman'. Cokelat ini juga dikemas dengan cara manual hingga tahun 1921 saat dipakai mesin otomatis.

Milky Way

Diluncurkan pada tahun 1923, Milky Way terinspirasi dari nama Malted Shake yang terkenal pada era tersebut. Milky Way bar menjadi cokelat pertama yang memiliki rasa seperti Milkshake yang bisa dirasakan dalam sekali kunyahan.