Nih Die Asal Usul Lebaran Betawi Muncul
Foto: Zool Wnn

Nih Die Asal Usul Lebaran Betawi Muncul

Senin, 31 Jul 2017 | 10:50 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Biasanye, kata 'Lebaran' itu selalu identik dengan hari raya umat Muslim. Tapi oleh masyarakatumum juga digunakan secara khusus, oleh masyarakat Betawi, mereka mempunyai hajatan besar yang dinamakan 'Lebaran Betawi'.

Pasti masih banyak yang belum asal-usul Lebaran Betawi muncul kan? NahKetua Pelaksana Perayaan Lebaran Betawi ke-10, Mohammad Ikhsan mengungkapkan bahwa Lebaran Betawi merupakan sebuah ajang silaturahmi bagi para seluruh warga Betawi. Semua orang, keluarga, kelompok, organisasi, hingga sanggar seni, boleh ikut merayakan Lebaran Betawi.

Lebaran Betawi sendiri pertama kali digagas oleh Amarullah Asbah. Dia adalah Wakil Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi pada 2008.

Diceritakan Ikhsan, kala itu Amarullah mengusulkan dibuatnya 'Hari Raya Lebaran betawi' khusus sebagai ajang silaturahmi masyarakat Betawi yang tinggal di berbagai daerah, tidak hanya di Jakarta.

aksi pencak silat di Lebaran Betawi, 2017 di <b class=Setu Babakan" src="https://asset.winnetnews.com/uploads/images/lebaran%20betawi1.jpg" width="600" height="378">

Aksi pencak silat di Lebaran Betawi 2017 di Setu Babakan, Jakarta Selatan/Foto: Zool Wnn

"Enggak cuma keluarga atau keluarga besar seseorang aja. Tapi seluruh keluarga besar masyarakat Betawi," kata Ikhsan yang juga Ketua Bidang Pemuda Bamus Betawi.

Dalam perkembangannya, Lebaran Betawi ternyata tak cuma diperuntukkan bagi warga Betawi saja. Bahkan, kata Ikhsan, Lebaran Betawi tidak tertutup bagi masyarakat yang bukan orang Betawi.

Lebaran Betawi sendiri dihelat setelah Idul Fitri atau selama masih di bulan Syawal.

"Kalau kata orang Betawi, 'eh kita puasa kan sebulan, Lebarannya juga sebulan dong.' Maksudnya, syawal jadi sebuah bulan yang identik dengan Lebaran," kata Ikhsan.

Dalam masa Lebaran Betawi, berbagai ornamen dan hiasan bernuansa Betawi pun terasa. Selain soal dekorasi, Lebaran Betawi juga diramaikan dengan berbagai acara kebudayaan. Beberapa di antaranya adalah seni tari, orkes Betawi, silat berbagai jenis aliran, lukisan, hingga kuliner Betawi.

"Sekalian biar orang luar Betawi juga tahu sama budaya leluhur kita. Kalau gitu kan jadi ikut melestarikan secara enggak langsung karena minimal mereka tahu budaya betawi," kata Ikhsan.

Penampilan berbagai produk budaya sebagai hiburan itu, kata Ikhsan, menjadi pembeda dengan Lebaran yang biasanya dirayakan masyarakat.

Menurutnya, memang ada masyarakat yang membuat acara besar dengan banyak hiburan pada saat Lebaran. Akan tetapi, tidak banyak yang melakukan itu karena membutuhkan dana yang besar.

"Kalau orang mampu ya mereka bisa ngadain organ tunggal dan semacamnya. Nah Lebaran Betawi ya kita yang sediain hiburan macam-macam," kata Ikhsan.

Penyajian berbagai macam produk budaya Betawi juga merupakan sarana bagi sanggar seni dan musik serta perguruan silat untuk unjuk kebolehan. Menurut Ikhsan, Lebaran Betawi ini dapat memacu sanggar dan perguruan untuk tetap mengembangkan cabang budaya yang ditekuni masing-masing.

"Dengan adanya Lebaran Betawi ini kan mereka jadi punya ruang untuk berekspresi," lanjut Ikhsan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...